PLN Menghapus Proyek PLTU Batu Bara 13 GW dari RUPTL

Berita157 views

Inionline.id – PT PLN (Persero) menghilangkan rencana pembangunan proyek PLTU batu bara berdaya 13 gigawatt dari Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengklaim penghapusan itu sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

“Dua tahun yang lalu kami telah mengeluarkan 13 GW (PLTU) batu bara dalam tahap perencanaan. Hal ini menghindari 1,8 miliar metrik ton emisi gas rumah kaca,” kata Darmawan dalam acara ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Jakarta, Rabu (6/9).

Meski demikian, ia mengatakan langkah tersebut masih belum cukup untuk mengurangi emisi. Karenanya, pihaknya juga bakal menambah kapasitas pembangkitan sebesar 51 persen berasal dari energi terbarukan.

Tak hanya itu, Darmawan mengatakan pihaknya juga tengah merumuskan ulang RUPTL agar kebijakannya bisa lebih mendukung transisi energi.

“Kami sedang dalam proses merancang ulang, menyusun, mendefinisikan kembali perencanaan ketenagalistrikan nasional,” ucap Darmawan.

Lebih lanjut, ia mengatakan sumber energi terbarukan kebanyakan berada di daerah terpencil di Indonesia. Sebab itu, PLN perlu membangun jalur transmisi ramah lingkungan.

Dengan begitu, listrik dari energi terbarukan bisa tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Kita perlu mengurangi emisi gas rumah kaca. Dan PLN berkomitmen penuh untuk melakukan hal tersebut,” kata Darmawan.