Pencemaran Sungai Cileungsi Bogor, Dewan Jabar Mochamad Ichsan Sudah Laporkan ke Kadis DLH Jawa Barat

Antar Daerah1057 views

Bogor, Inionline.id – Buntut panjang dari demonstrasi ratusan warga Kampung Cikuda, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Selasa 12 September yang lalu akibat tercemarnya sungai Cileungsi memancing reaksi anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin.

Pasalnya, kuat dugaan salah satu perusahaan dikawasan tersebut membuang limbahnya ke Sungai Cileungsi.

“Ini masalah lama yang terus berulang, saya langsung berkirim berita itu dengan Kadis DLH Jawa Barat, Bu Prima, yang intinya dia akan melakukan kroscek kembali ke Sungai Cileungsi,” ujarnya.

“Karena saya bilang ini berulang kasusnya, Bu Kadis bagaimana cara mitigasi agar itu tidak terjadi sebagaimana yang kita lihat beberapa hari ini,” lanjut Ichsan saat dihubungi awak media, Kamis (14/09/2023).

Jika terbukti ditemukan pencemaran Sungai Cileungsi oleh salah satu perusahaan sekitar, Ichsan memastikan bahwa DLH Jawa Barat akan melakukan tindakan Law Enforcement atau oenegakan hukum dengan sangsi pidana.

“Kajiannya nanti, dari mana sumber limbah itu keluar, infonya akan ada tim susurnya juga dan ini bahkan juga saya dikirim balik kegiatan DLH Jawa Barat yang salah satunya melakukan sampling di Sungai Cileungsi,” tukasnya.

Secara fakta, indikator-indikator temuan di lokasi sudah cukup menguatkan bukti adanya pencemaran Sungai Cileungsi.

“Ikan-ikan mati, bahkan jenis ikan yang kita kenal dengan nama ikan Sapu-Sapu yang terkenal kuat di air kotor ternyata ikut mati juga, kemudian bau juga menyengat, itu memang betul adanya, secara Undang-Undang lingkungan hidup ini yang mencemari sudah bisa dipidanakan,” pungkas politisi PKS ini.