Minta Turunkan Harga Beras & Telur, Buruh-Serikat Petani Demo di Bulog

Berita9257 views

Inionline.id – Puluhan massa dari Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) menggelar demonstrasi di depan Gedung Bulog, Jakarta Selatan, Senin (25/9).

Aksi dalam rangka memperingati Hari Tani ini juga digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Pantauan di lokasi, massa yang beratribut hitam oranye bertuliskan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia mulai meneriakkan tuntutan dipandu oleh orator mobil komando.

Tuntutan massa di antaranya mencabut omnibus law Undang-undang (UU) Cipta Kerja dan meminta pemerintah menurunkan harga beras, telur, dan sembako.

“Kenaikan harga beras tidak menguntungkan bagi petani. Kita mendesak agar dilakukan investigasi mengenai kenaikan harga beras yang menyebabkan kerugian bagi rakyat,”┬áteriak salah satu orator, Mubarok dari atas mobil komando.

Kemudian, mereka juga menyuarakan soal reforma agraria dan kedaulatan pangan redistribusi tanah untuk petani sembilan juta hektare.

Selain itu, Partai Buruh dan SPI juga meminta pemerintah menaikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen dan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

Sementara arus lalu lintas di lokasi terpantau lancar, polisi melakukan pengamanan ketat dengan membuat barikade di depan Kantor Pusat Gedung Bulog.