Dalam Bansos September-November, Pemerintah Tambah Ayam dan Telur

Ekonomi457 views

Inionline.id – Kepada 1,4 juta keluarga rentan stunting (KRS) Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa daging dan telur ayam. Bansos akan disalurkan pada September hingga November mendatang.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemberian bansos pangan itu telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dananya sekitar Rp400 miliar. Sudah disetujui pak presiden,” kata Arief di sela-sela acara ASEAN Investment Forum 2023 di Jakarta, Minggu (3/9).

Arief mengatakan masing-masing KRS akan mendapatkan daging ayam satu kilogram (kg) dan 10 butir telur.

Di lain sisi, bansos ini diharapkan juga bisa menyerap daging dan telur ayam dari peternak. Pasalnya peternak selama ini langsung memotong ayam jika terjadi kelebihan stok.

“Biasanya kalau supply dan demand enggak seimbang, ayamnya di-cutting. Hari ini kita mau bilang enggak usah di-cutting, kita pakai saja, diserap untuk program pemerintah,” katanya.

Bansos pangan daging dan telur ayam ini akan melengkapi bansos beras yang akan dibagikan kepada 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp8 triliun.

Setiap KPM masing-masing akan mendapatkan 10 kg beras per bulan atau 30 kg beras selama September hingga November 2023.