Berikut ini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Kesehatan1057 views

Inionline.id – Gigi yang kuning tentunya membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Namun, cara memutihkan gigi seperti bleaching dan veneer memerlukan biaya yang tak sedikit bagi sebagian orang.

Berikut ini sejumlah cara memutihkan gigi secara alami agar tampil lebih percaya diri.

Kondisi gigi kuning bisa terjadi karena berbagai faktor. Melansir Medical News Today gigi kuning bisa terjadi karena penipisan enamel gigi. Terlalu banyak konsumsi makanan asam, pertambahan usia, dan sakit gusi dapat menyebabkan pengikisan enamel gigi.

Selain itu, gigi kuning juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kopi, dan teh berlebih, hingga kebiasaan menyikat gigi terlalu keras.

Cara memutihkan gigi secara alami

Melansir berbagai sumber, berikut ini cara memutihkan gigi kuning secara alami:

1. Konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran tinggi serat, termasuk salah satu cara memutihkan gigi yang alami tanpa efek samping.

Melansir Healthline, buah stroberi dan nanas diklaim dapat membantu memutihkan warna gigi kuning. Ada yang menyarankan untuk mencampur buah tersebut dengan soda kue.

Berdasarkan hasil penelitian, asam malat pada stroberi efektif memberikan perubahan warna gigi, sedangkan soda kue ampuh mengangkat plak yang membuat gigi kuning.

Studi lain menunjukkan bahwa gel bromelain yaitu enzim dalam buah nanas, dapat membantu menghilangkan noda-noda pada gigi.

Meski stroberi dan nanas dinilai efektif membantu memutihkan gigi. Hasilnya memang tidak akan instan, di samping itu batas mengonsumsinya tetap tidak boleh berlebihan.

2. Pakai soda kue

Cara memutihkan gigi kuning secara alami berikutnya bisa disikat menggunakan soda kue. Menurut studi, soda kue dinilai sebagai pemutih gigi alami karena bersifat basa.

Struktur kimia baking soda memiliki sifat abrasif ringan. Oleh karena itu, bahan tersebut diklaim efektif menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue, dapat memberi efek memutihkan pada gigi.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung soda kue ampuh mengurangi plak dan gusi berdarah dibanding pasta gigi biasa.

Untuk mencobanya bisa campur 1 sdt soda kue ke dalam 2 sdt air. Aduk sampai jadi pasta dan sikat ke gigi kuning sampai bersih. Metode ini cukup dilakukan 2 kali seminggu.

3. Oil pulling

Oil pulling adalah metode membersihkan gigi dan mulut yang menggunakan minyak selama 20 menit. Teknik ini sudah cukup lama diterapkan sebagai pengobatan Ayurveda dari India.

Jenis minyak yang digunakan tidak sembarangan, yaitu menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), karena tinggi asam laurat untuk membasmi bakteri di mulut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oil pulling cukup ampuh membersihkan bakteri di mulut, sekaligus mengangkat plak dari sisa-sisa makanan atau minuman.

Ada beberapa ulasan menyebut setelah melakukan oil pulling, area mulut terasa bersih dan gigi terlihat sedikit putih. Namun hal itu, dinilai masih perlu penelitian lebih lanjut.

Apabila tertarik mencoba, untuk pemula siapkan 2 sdm VCO lalu kumur selama 5 menit. Setelah itu buang minyak bekas kumur ke tempat sampah dan lanjut sikat gigi seperti biasa.

4. Rutin sikat gigi

Cara memutihkan gigi secara alami paling sederhana adalah dengan rutin menyikat gigi. The American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit sebanyak dua kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi.

Akumulasi plak dapat menyebabkan noda di permukaan gigi. Menyikat gigi secara teratur dapat menghilangkan plak sehingga bisa jadi cara memutihkan gigi secara alami.