24 September Pendaftaran Uji Coba Gratis Kereta Cepat Tahap 2 Dibuka

Ekonomi357 views

Inionline.id – Pada 24 September 2023 PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba gratis bagi masyarakat umum tahap 2. Pendaftaran tersebut untuk perjalanan periode 25 – 30 September 2023.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan uji coba kereta cepat tahap 2 dilakukan setelah uji coba pertama dilakukan pada 18 – 24 September 2023.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi karena ingin ikut serta merasakan pengalaman menggunakan Kereta Api dengan kecepatan hingga 350 km/h,” ujar Eva dalam keterangan resmi, Minggu (17/9).

Melihat antusiasme masyarakat, perusahaan mengucapkan terima kasih. Namun, ia juga meminta maaf apabila perusahaan belum bisa mengakomodasi seluruh warga yang ingin mengikuti kegiatan uji coba publik kereta cepat.

Bagi masyarakat yang sudah mendaftar di situs https://ayonaik.kcic.co.id, Eva mengimbau agar perhatikan kembali jadwal perjalanan yang sudah pilih serta datang selambatnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Serta persiapkan dengan baik identitas dan bukti pemesanan untuk memperlancar proses verifikasi di stasiun,” terangnya.

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, operator menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap hari.

Kuota tempat duduk hanya 500 setiap perjalanan selama masa uji coba hingga 30 September 2023.

“KCIC mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang sudah mendaftar. KCIC akan memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap masyarakat yang ingin menjadi bagian dari sejarah kehadiran Kereta Api Cepat pertama di Indonesia,” ujarnya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung dibangun konsorsium perusahaan Indonesia dengan China. BUMN Indonesia di bawah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) mengusai 60 persen saham, sedangkan konsorsium China di bawah Beijing Yawan HSR Co Ltd memegang 40 persen.

Kereta melintasi empat stasiun, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Jarak tempuh mencapai 142,3 kilometer dengan kecepatan maksimal mencapai 351 kilometer per jam.