Upacara 17 Agustus Terakhir di Istana Jakarta Dipimpin Langsung Presiden Jokowi

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara memperingati HUT RI ke-78 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (17/8).

Upacara dimulai pukul 10.00 WIB. Rangkaian kegiatan dimulai sejak 7.30 WIB dengan berbagai hiburan.

Sekitar pukul 9.00 WIB, duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi diantarkan ke istana. Empat puluh lima menit kemudian, pasukan upacara memasuki lokasi di halaman Istana Merdeka.

Jokowi hadir di lokasi upacara sekitar 10.00 WIB diiringi penghormatan kebesaran. Upacara pun dimulai.

Pengibaran bendera Merah Putih akan dilakukan 76 orang Paskibraka. Anggota Paskibraka terdiri dari siswa-siswi perwakilan 38 provinsi.

Upacara diprediksi selesai 10.40 WIB. Kemudian, istana akan dimeriahkan dengan hiburan artis papan atas.

Paduan suara Gita Bahana Nusatara akan membuka rangkaian hiburan. Kemudian, TNI akan melakukan aksi flypass dengan jet tempur F-16. Tim penerbang TNI AU Pegasus akan ikut dalam aksi itu.

Beberapa penyanyi tanah air akan manggung di perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI. Salah satunya finalis America,s Got Talent Putri Ariyani yang terkenal dengan lagu Loneliness.

Band legendaris Kahitna juga akan memeriahkan pesta di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini. Grup musik asal Papua Shine to Black juga ikut di perayaan kali ini.

Jokowi hadir di upacara dengan mengenakan pakaian adat. Namun, istana masih merahasiakan pakaian adat yang dipakai Jokowi. Tahun lalu, ia memakai baju Dolomani dari Sulawesi Tenggara.

Upacara tahun ini terakhir dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi mencanangkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).