PKS Kabupaten Bogor Gelar Upacara HUT RI Bersama Petani

Antar Daerah557 views

Cibinong, Inionline.id – Dewan Perwakilan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Bogor menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di areal persawahan Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor , Kamis, 17/8/2023.

Bertindak selaku inspektur upacara Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor Dedi Aroza, M.Si.. Upacara berlangsung hikmat diikuti oleh anggota Pandu Keadilan, petani dan warga sekitar lokasi.

Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI diadakan pula lomba-lomba yang diikuti oleh petani dan warga masyarakat . Kegiatan ini dimaksudkan menyuburkan cinta tanah air dan membangun kepedulian terhadap nasib petani yang makin terpuruk.

Dedi Aroza dalam amanatnya menyampaikan keprihatinannya terhadap nasib petani terutama tantang kelangkaan pupuk dan harganya yang tidak terjangkau.

“Padahal petani membutuhkan pupuk untuk meningkatkan kapasitas produk tani. Bagaimana mungkin pupuk yang disubsidi malah dijual dengan keuntungan yang diperoleh dari margin, “keluh Dedi.

Belum lagi alokasi pupuk subsidi sering salah sasaran karena wilayah yang banyak petani ketersediaannya terbatas. Sementara jumlah petani yang sedikit disuatu wilayah justru terdapat kelebihan pupuk subsidi. Hal ini menjadi sorotan bagi Dedi Aroza.

“Persoalan ini harus ditangani dengan serius oleh pemerintah sehingga penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran yang pada gilirannya membantu petani dalam meningkatkan produksi hasil tani,” jelas Dedi.

Selain kelangkaan pupuk, harga panen yang rendah tidak sebanding dengan biaya produksi yang semakin mahal. Biaya operasional yang dikeluarkan petani lebih tinggi dari harga hasil pertanian, bahkan harga cenderung fluktuatif.

“Inilah pentingnya pemerintah turun tangan dalam membantu kesuliatan petani. Nasib petani seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula. Harga pupuk tinggi harga jual hasil pertanian rendah. Lengkap sudah penderitaan petani,” seru Dedi.

Seusai pelaksanaan upacara, Dedi Aroza memberikan bantuan bibit kepada para petani. Pemberian bibit ini disaksikan oleh Sekretaris DPD PKS Kabupaten Bogor, Wasto, S.Hut, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Kabupaten Bogor, serta Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPD PKS Kabupaten Bogor Eko Syaeful Rohman.

Kegiatan ini ditutup dengan menyantap nasi liwet yang sudah dihamparkan di atas daun pisang. Petani yang hadir tampak antusias dan merasakan kebersamaan dengan pengurus PKS yang berbaur bersama.