Jokowi: Hanya IKN Nusantara Proyek Terbesar di Dunia Sekarang

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengklaim proyek terbesar di dunia saat ini hanya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ada di Indonesia.

Hal ini disampaikannya dalam Munas asosiasi Real Estate Indonesia (REI) tahun 2023, di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (9/8).

“Di dunia sekarang proyek terbesar yang ada itu hanya satu, di Indonesia, namanya Ibu Kota Negara Nusantara,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan pemerintah berani memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimatan untuk membuka sentra ekonomi baru di Indonesia.

Jokowi lantas menawarkan kepada para pengusaha untuk ikut mengembangkan pembangunan IKN. Ia merinci kini ada 34 ribu hektare tanah yang bisa dibeli di bakal ibu kota baru RI di Kalimantan itu.

Ia lantas mempersilakan para pengusaha untuk bertanya harga tanah ke jajaran Otorita IKN.

“Ini ada pak Dhony dari otorita IKN, Per 27 juli yang lalu, 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Dibeli itu, enggak ada gratisan di sana. Harganya berapa? Tanya ke otorita, ini peluang,” kata Jokowi.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja sebelumnya sempat menuturkan progres pembangunan IKN Nusantara berjalan sesuai rencana. Pembangunan IKN tahap satu, lanjutnya, sudah mencapai 34 persen hingga 35 persen.

“IKN semua on the right track, sesuai schedule. Dari progres kita dapatkan dalam posisi bagus. Tahap satu sudah di kisaran 34-35 persen,” ujar Endra di Tol Cisumdawu, Sumedang beberapa waktu lalu.