Ini 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan: Cegah Batu Ginjal

Kesehatan357 views

Inionline.id – Di siang hari yang terik, segelas air kelapa pasti terasa menyegarkan. Bukan cuma menyegarkan, tapi manfaat air kelapa juga baik untuk kesehatan.

Air kelapa bisa menjadi pilihan kaya nutrisi untuk menghidrasi. Ini mungkin bermanfaat bagi kesehatan Anda, termasuk jantung dan ginjal. Selain manis alami dan menghidrasi, air kelapa juga kaya akan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak mencukupinya.

Berikut adalah 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan

1. Sumber nutrisi yang baik

Kelapa tumbuh di daerah beriklim tropis pada pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, dan secara botani dianggap sebagai buah.

Air kelapa adalah cairan yang terdapat di tengah kelapa muda yang masih hijau. Ini membantu menyehatkan buah. Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian cairannya tetap ada sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang disebut daging kelapa.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah matang. Kelapa hijau rata-rata memiliki sekitar 1/2-1 cangkir air kelapa.

Air kelapa mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Berbeda dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke parutan daging kelapa. Santan mengandung sekitar 50 persen air dan lemak yang cukup tinggi.

2. Mungkin memiliki sifat antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme. Produksinya meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika radikal bebas terlalu banyak, tubuh Anda memasuki kondisi stres oksidatif, yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi berbahaya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2012, tikus yang resisten insulin dan menjalani diet tinggi fruktosa diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, begitu pula tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Studi lain dari tahun 2014 menemukan bahwa hati tikus yang rusak menunjukkan perbaikan stres oksidatif yang signifikan ketika diberi air kelapa dibandingkan dengan hati yang tidak mendapat pengobatan.

Studi ketiga dari tahun 2016 menyoroti manfaat ekstrak air kelapa pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Air kelapa tidak hanya membantu menurunkan penanda kolesterol, tetapi juga menunjukkan “potensi antioksidan.”

Meskipun penelitian ini menarik, penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia dan kekuatan antioksidan air kelapa, dan setiap penelitian pada hewan menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

3. Membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi efek ini pada manusia.

4. Dapat membantu mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa ternyata juga bisa membantu mencegah batu ginjal. Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, dua penelitian kecil menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urine Anda. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batu kecil.

Dalam sebuah studi tahun 2013 pada tikus yang punya masalah dengan batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian saluran kemih lainnya. Itu juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di urine.

Karena satu penelitian melibatkan hewan dan yang lainnya sangat kecil, perlu dilakukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat air kelapa dalam mengurangi kemungkinan batu ginjal.

5. Mendukung kesehatan jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah studi, para peneliti memberi makan tikus dengan makanan yang kaya lemak dan kolesterol. Mereka juga memberi satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida serupa dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Salah satu alasan air kelapa dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasiumnya yang tinggi (500mg potasium dalam 8 ons). Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

6. Pengganti cairan tubuh setelah olahraga

Air kelapa mungkin merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Beberapa elektrolit vital termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa lebih bermanfaat dibandingkan air untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh.