Desak Pemprov DKI Atasi Polusi Udara, Koalisi Sipil Demo di Balai Kota

Antar Daerah1357 views

Inionline.id – Koalisi sipil IBUKOTA menggelar demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta. Mereka mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengatasi persoalan polusi udara yang semakin memburuk.

Pantauan di lokasi, massa koalisi sipil mulai menggelar aksi sekitar pukul 10.00 WIB. Puluhan demonstran hadir membawa poster hingga spanduk yang berisi sejumlah tuntutan.

“Mendorong reformasi kebijakan dan keterbukaan informasi publik terkait industri, pabrik, dan PLTU batubara penyumbang polusi udara. Meminta para tergugat dan turut tergugat menjalankan putusan CLS,” demikian bunyi keterangan pers dari koalisi sipil IBUKOTA yang diterima, Rabu (16/8).

Lebih lanjut, koalisi sipil juga menuntut Pemprov DKI tak lepas tanggung jawab atas polusi udara yang kembali terjadi.

Usai melakukan aksi singkat, koalisi sipil kemudian masuk ke dalam Gedung DPRD Jakarta untuk melakukan audiensi bersama DPRD dan Pemprov DKI Jakarta.

Para tergugat yang dimaksud koalisi sipil dalam perkara ini adalah Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Gubernur DKI Jakarta yang saat itu masih dijabat oleh Anies Baswedan.

Tahun 2021, PN Jakarta Pusat menyatakan para tergugat dinyatakan melanggar Pasal UU 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Namun, para tergugat melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta. Hasilnya, warga kembali menang. Upaya banding kembali dilakukan pemerintah. Hingga saat ini perkara masih berproses di MA.