Berikut ini 6 Prodi di Jurusan Teknik yang Banyak Diincar Mahasiswa

Pendidikan057 views

Inionline.id – Jurusan Teknik masih menjadi incaran mahasiswa saat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Hal ini lantaran Jurusan Teknik memiliki peluang kerja yang luas serta gaji yang cukup tinggi.

Di Jurusan Teknik sendiri terdapat berbagai program studi yang bisa dipilih. Terdapat enam program studi yang kerap diincar mahasiswa.

Berikut enam program studi di jurusan Teknik yang banyak diincar dikutip dari laman binus.ac.id:

1. Arsitektur

Jurusan ini memungkinkan kamu belajar tentang proses perancangan bangunan, pengaplikasian seni, sains, serta teknologi. Sekaligus, menciptakan hasil rancangan kreatif dan berkelas.

Prospek karier jurusan arsitektur tidak hanya sebagai tenaga arsitek. Kamu bisa menemukan pilihan jenjang karier lain yang tak kalah menarik, seperti analis properti, 3D animator di bidang arsitektur, fotografer arsitektur, manajer real estate, dan lainnya.

2. Civil Engineering

Kamu yang kuliah di jurusan civil engineering bisa belajar tentang beragam aspek yang memiliki kaitan dengan bidang konstruksi serta desain infrastruktur. Kemampuan tersebut bisa mengantarkan kamu dalam beragam pilihan karier di berbagai bidang, seperti structural engineering, geotechnical engineering, highway engineering, dan lain-lain.

3. Computer Engineering

Jurusan computer engineering sedikit berbeda dengan prodi computer science. Di sini, kamu tidak hanya belajar tentang software, tapi juga bakal memahami dunia hardware sehingga bisa mengombinasikannya menjadi perangkat yang mempunyai fungsi tertentu.

Prospek kerja lulusan computer engineering sangat luas. Kamu bisa bekerja sebagai network engineer, IoT developer, automation engineer, cloud engineer, wireless communication engineer, dan lain sebagainya.

4. Food Technology

Kamu yang merupakan lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan pengusaha, terutama di bidang industri makanan. Lulusan Food Technology memiliki keahlian serta kemampuan yang spesifik terkait upaya menjaga serta menciptakan produk pangan yang sehat, menarik, dan sekaligus aman dikonsumsi.

Karier yang bisa kamu jalani setelah lulus dari jurusan food technology sangat banyak. Seperti food blogger profesional, food entrepreneur, konsultan pengolahan pangan, tenaga riset, dan lain-lain.

5. Industrial Engineering

Jurusan ini merupakan perpaduan antara teknik dan manajemen. Kamu akan belajar terkait pola pikir, prinsip, serta pendekatan dalam upaya memaksimalkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.

6. Biotechnology

Bioteknologi adalah jurusan studi multidisiplin. Artinya, bidang ini merupakan gabungan beberapa ilmu, khususnya biologi, kimia, dan teknologi.

Jurusan ini terdiri atas empat ruang lingkup, yakni bioteknologi putih, bioteknologi biru, bioteknologi hijau, bioteknologi merah.

Bekal pengetahuan dari kuliah di jurusan teknik industri memungkinkan kamu mengelola sumber daya seperti manusia, bahan baku, serta mesin dengan optimal. Dengan begitu, tingkat produksi meningkat, pekerja memperoleh kenyamanan di tempat kerja, dan lainnya.

Nah, itulah program studi yang banyak diincar dari Jurusan Teknik. Apakah kamu tertarik kuliah di salah satu jurusan itu?