Berikut ini 4 Alasan Seragam Pramuka Indonesia Berwarna Cokelat

Pendidikan157 views

Inionline.id – Setiap negara memiliki seragam Pramuka yang berbeda-beda. Perpaduan warna cokelat muda dan cokelat tua dipilih menjadi seragam Pramuka Indonesia karena didasari oleh sejumlah alasan.

Masyarakat Indonesia sedang memperingati Hari Pramuka ke-62 pada hari ini, 14 Agustus 2023. Pramuka sendiri merupakan sebuah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan.

Pramuka ada di hampir seluruh negara di dunia. Namun, setiap negara memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada seragam yang dikenakan anggotanya. Misalnya, gerakan kepanduan di Australia memiliki seragam warna biru dengan kerah hijau, sedangkan di Malaysia berwarna kelabu kebiru-biruan.

Sementara itu, berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 tahun 2012 tentang Pakaian Seragam Pramuka, seragam Pramuka Indonesia berwarna cokelat muda dengan rok atau celana cokelat tua.

Pemilihan warna tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui alasan warna cokelat ditentukan sebagai seragam Pramuka di Indonesia!

1. Pakaian Pejuang Kemerdekaan

Melansir laman resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, warna cokelat dipilih menjadi seragam wajib Pramuka karena merupakan salah satu warna yang kerap dipakai oleh para pejuang di masa perang kemerdekaan (1945-1949).

Pemilihan warna cokelat ini diharapkan dapat selalu mengingatkan anggota Pramuka dengan semangat juang para pejuang. Warna tersebut juga dipilih untuk menghargai jasa pejuang kemerdekaan.

2. Usulan Bapak Pramuka

Robert Stephenson Smyth Baden Powell merupakan bapak Gerakan Pramuka di seluruh dunia. Ia dikenal sebagai sosok yang gemar berkelana ke bukit, gunung, hutan, hingga laut.

Suatu ketika, Baden Powell tengah melakukan petualangan yang membuat bajunya berubah berwarna cokelat karena medan berlumpur yang dilewati. Pengalaman tersebut membuatnya memilih warna cokelat sebagai seragam pramuka agar tidak mudah terlihat kotor saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

3. Warna Tunas Kelapa

Alasan lain seragam pramuka berwarna cokelat adalah kemiripannya dengan warna tunas kelapa yang merupakan lambang Gerakan Pramuka. Hal ini dikemukakan oleh Soenarjo Atmodipuro, seorang tokoh pramuka yang sehari-harinya bekerja di Departemen Pertanian.

4. Warna Tanah dan Air

Sebagian besar orang Indonesia memaknai warna cokelat pada baju Pramuka sebagai kiasan dari warna tanah dan air di Indonesia. Adapun warna cokelat muda mencerminkan air yang mengalir di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan warna cokelat tua merupakan gambaran warna tanah yang ada di Indonesia.

Meskipun belum diakui secara resmi oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, anggapan ini cukup masuk akal dan diterima oleh banyak anggota Pramuka di Indonesia.