Soal EBT Jawa Barat, Dewan Prasetyawati Desak Keberpihakan Anggaran Dari Pemprov Jabar

Antar Daerah357 views

Bandung, Inionline.id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Ir.Prasetyawati MM mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) agar lebih berpihak kepada anggaran bagi program-program yang berkaitan dengan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hal ini diungkapnya usai Jawa Barat meluncurkan Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat yang resmi dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 31/kep-9/DESDM Tahun 2023 tentang Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat, yang ditetapkan 12 Januari 2023.

“Jangan hanya sekedar forum saja, harus ada tindak lanjut yang kongkrit soal EBT ini, tahun 2022 saja Komisi IV masih menemukan anggaran yang minim pada bidang ketenaga listrikan,” ujarnya, Kamis (13/07/2023).

Selain itu, politisi Gerindra ini juga menyoroti aplikasi EBT di Jawa Barat selain dari sisi penganggarannya.

“Jawa Tengah saja sudah meneliti soal gas rawa yang mengandung metan, atau pesantren-pesantren yang menggunakan solar panel, kita (Jawa Barat) harusnya bisa lebih,” tukasnya.

Dirinya berharap agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajarannya tidak hanya mengkampanyekan soal EBT hanya sebatas seremonial saja melainkan serius dalam prakteknya.

“Kadang kita temukan program-program di Jawa Barat yang heboh seremonialnya saja, namun tindak lanjutnya kadang terkesan lamban,” tutup legislator daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor ini.