Setelah 17 Agustus Golkar Umumkan Arah Dukungan Capres dan Koalisi

Politik657 views

Inionline.id – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurdin Halid, mengungkap bahwa keputusan partainya soal capres-cawapres dan koalisi di Pilpres 2024 akan diumumkan setelah 17 Agustus.

Nurdin mengatakan keputusan itu telah diambil Ketua Umum Airlangga Hartarto dalam rapat informal partainya yang digelar Jumat pekan lalu di kantor pusat Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Rapat dihadiri para wakil ketua umum dan para ketua DPD tingkat provinsi.

“Saya tanya Pak Airlangga. Bagaimana soal capres. Beliau menyatakan tegas sesuah 17 Agustus kita ada sikap,” ucap Nursin menirukan jawaban Airlangga dalam wawancara dalam program The Political Show, Senin (24/7) malam.

Menurut Nurdin, keputusan telah sesuai dengan rekomendasi Dewan Pakar Golkar yang mendesak Airlangga untuk segera menentukan sikap soal capres maupun koalisi.

Hasil rapat Dewan Pakar partai itu sebelumnya merekomendasikan Airlangga segera menentukan sikap paling lambat pada Agustus.

Namun, rekomendasi Dewan Pakar belakangan menjadi isu liar. Sejumlah anggota mereka mendorong Airlangga dicopot lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

“Berarti sudah senada dengan Dewan Pakar. Mengenai capres maupun cawapres maupun koalisi,” kata Nurdin.

Sementara itu, Nurdin meluruskan bahwa hasil Munas partainya selama ini dianggap keliru oleh sejumlah kader. Dia menegaskan, hasil Munas Golkar bukan memberikan mandat kepada Airlangga untuk maju sebagai capres dari Golkar.

Dia mengatakan, Munas hanya memberi mandat kepada ketua umum terpilih untuk mengambil keputusan soal capres maupun koalisi.

“Setelah saya baca putusan tapi tidak seperti itu. Ini putusan resmi secara tertulis, bahwa Munas memberi mandat kepada ketum terpilih, belum Airlangga, untuk menentukan capres maupun cawapres dan membentuk koalisi,” kata dia.