Serap Aspirasi Kades Kembang Kuning Bogor Soal Situ Desa Wisata, Begini Komentar Dewan Mochamad Ichsan

Antar Daerah2457 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin menyerap aspirasi Kepala desa (Kades) Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor Neneng Rodinah soal situ Rawa Jejed yang ingin dikembangkan menjadi kawasan wisata agar memiliki manfaat ekonomi bagi warga disekitarnya.

Hal ini diungkapkan Neneng ketika bertemu Mochamad Ichsan di acara sosialisasi Perda Ekonomi Kreatif Jawa barat, Sabtu (08/07/2023).

“Situ ini kewenangannya ada di Provinsi Jawa barat, jadi saya berharap situ ini bisa menjadi destinasi wisata kedepannya,” ujar Neneng.

Menanggapi hal tersebut, Mochamad Ichsan menegaskan bahwa dirinya bisa mengupayakan advokasi penataan bagi situ tersebut agar lebih nyaman ketika didatangi oleh turis baik domestik maupun mancanegara.

“Memang situ ini bidang garapnya ada di Komisi IV DPRD Jabar yang bermitra dengan Dinas Sumber Daya Air, namun saya akan sampaikan dirapat koordinasi fraksi PKS dimana akan ada sesi pandangan dan masukan,” katanya.

“Tentu aspirasi situ ini berkaitan dengan ekonomi kreatif dimana pengelolaannya nanti desa bisa membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” lanjut Ichsan.

Berdasarkan hal tersebut, untuk memperlancar aspirasi Kades Neneng, legislator daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor ini menyarankan untuk teknis yang ditempuh agar Desa Kembang Kuning membentuk Bumdesnya terlebih dahulu.

“Nantinya fungsi situ ini tidak hanya dari sektor wisata saja, tapi juga soal melokalisir sampah, ingat soal sampah ini harus dikelola juga dengan baik agar tempatnya nyaman untuk dikunjungi,” tukasnya.

Pemerintahan Kembang Kuning juga wajib mengetahui grade desa yang akan mendapat bantuan provinsi ialah desa-desa yang berpotensi walaupun statusnya belum mandiri.

“Ya kalau punya lokus yang bagus, maka kita dorong bagaimana agar keinginan desa bisa terwujud, nantinya juga ada pendampingan dari Pemprov jika memang situ ini layak dibantu,” tandas Mochamad Ichsan.