Presiden Jokowi akan Menemui Investor Mobil Listrik China dan Membangun Pabrik di RI

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ke China dan menemui bos pabrikan mobil listrik asal China, BYD.  Pertemuan dijadwalkan berlangsung pada 27 Juli mendatang.

Kabar ini dibocorkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

“Dan BYD mungkin juga akan investasi di Indonesia. 27 (Juli) kita akan temui mereka di Chengdu selama perjalanan Presiden Jokowi ke China,” ungkapnya, Selasa (25/7).

Di lain sisi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut Jokowi memang akan pergi ke China pada 27 Juli-28 Juli mendatang. Agenda utama Jokowi adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping.

Selain bertemu Xi Jinping, Jokowi diklaim bakal bertemu sejumlah pengusaha Negeri Tirai Bambu. Retno juga menyebut Jokowi dan beberapa kepala negara atau kepala pemerintahan diundang untuk menghadiri pembukaan olimpiade universitas sedunia di China.

“Presiden (Jokowi) akan ke Chengdu. Beliau akan berada di sana pada 27 dan 28 (Juli). Program utamanya adalah bertemu, melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping. Kemudian, Presiden juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan banyak sekali pebisnis besar,” jelas Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang sudah lebih dahulu berkunjung ke markas BYD di China pada 3 Juli-6 Juli 2023. Salah satu agendanya adalah membahas kendaraan listrik.