Imbas Harga Pakan Ayam Melonjak, Kemendag Siapkan Subsidi Jagung

Ekonomi657 views

Inionline.id – Di tengah lonjakan harga pakan ayam ternak Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memberikan subsidi jagung.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim mengatakan saat ini kenaikan harga pakan terbilang sangat tinggi. Hal ini membuat para peternak merugi sejak sejak pandemi covid-19.

“Nah, makanya pemerintah membantu subsidi jagung pakan, karena kondisinya saat ini sudah membaik. Meskipun harga pakannya naik, tapi tetap diimbangi dengan harga ayam yang naik dan telur unggas juga naik,” terangnya, saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis (6/7).

Nantinya, subsidi ini masuk dalam dana alokasi umum (DAU) daerah. Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki dana belanja tak terduga (BTT) 2,5 persen yang sewaktu-waktu juga dapat diturunkan untuk membantu meringankan beban operasional dari para peternak.

Isy mengatakan hal ini harus berdasarkan izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi kolaborasi ini tidak hanya Kemendag, tapi semua. Sekarang kan banyak setiap Senin Pak Mendagri rakor dengan seluruh kepala daerah. Jadi kan pengaturannya di situ semua termasuk Kemendag,” pungkasnya.

Adapun data panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga jagung pipilan kering di tingkat peternak dijual Rp4.850 per kg naik Rp30 dari sebelumnya Rp4.820 per kg.