Aktif Atasi Masalah Sampah, Dewan Jabar Asep Arwin Kotsara Sosialisasikan Perda Pengelolaan Sampah Jawa Barat di Jatiwaringin Bekasi

Antar Daerah957 views

Bekasi, Inionline.id – Selain dikenal sebagai seorang motivator, anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi-Depok Asep Arwin Kotsara juga dikenal sebagai pemerhati lingkungan dan sampah.

Atas komitmennya tersebut, politisi PKS ini menggelar sosialisasi Peraturan daerah (Perda) nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah Di Jawa Barat, Jum’at (07/07/2023).

Berlokasi di RW.07 Jatiwaringin, Kota Bekasi, Asep Arwin mengatakan bahwa salah satu pertimbangan diterbitkannya Perda ini karena pertambahan penduduk dan pola konsumsi masyarakat Jawa Barat menimbulkan bertambahnya volume, jenis, karakteristik sampah yang makin beragam.

“Untuk itu wajib Pemerintah Daerah dengan melibatkan berbagai pihak secara luas dan masif, perlu dilakukan pengelolaan sampah secara terpadu dan efisien dari hulu ke hilir, serta disesuaikan dengan karakteristik masyarakat perkotaan tingkat mobilitas dan individualitas yang semakin tinggi, juga budaya konsumptif yang terus meningkat,” ujar Asep Arwin.

Dirinya juga mengapresiasi Ibu Ketua RW.07 yang dinilainya sangat perhatian dengan masalah pengelolaan sampah di lingkungannya.

“Insya Allah saya akan ajak beberapa org warga dari RW. 07 untuk belajar, melihat langsung model yang saya buat,” katanya.

Tidak lupa seperti biasa Asep Arwin Kotsara juga selalu memberikan solusi bagi masalah warga di lingkungan yang didatanginya, tak terkecuali RW 07 Jatiwaringin ini.

“Hari ini kami serahkan bantuan dana untuk pembelian 11 unit alat komunikasi HT (Handy Talky) bagi 10 RT dan 1 RW, serta kami serahkan 4 unit alat Tensi untuk Posyandu dimana ditemukan alatnya sudah rusak semuanya,” imbuh Asep Arwin.

Fakta ini ditemukannya saat reses yang disampaikan oleh pengurus RT dan Ketua Posyandu.

“Alhamdulillah dalam waktu 1 bulan permintaan mereka kami realisasikan, semoga warga, pengurus RT, pengurus RW 07, para kader 4 Posyandu, PKK, Posbindu semakin kompak dan semangat dalam melayani warga, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain,” pungkas Asep Arwin. (JC)