Tutur Sutikno Sambut Gembira Sistem Pileg Proporsional Terbuka

Politik057 views

Bogor, Inionline.id – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Tutur Sutikno menyambut gembira sistem pemilu legislatif proporsional terbuka yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) Kamis 15 Juni kemarin.

“Jadi ini yang kita harapkan, karena 8 partai di parlemen itu meminta sistem terbuka, sistem terbuka masyarakat dapat memilih langsung Caleg-caleg yang dikenal, jadi wilayah ini adalah wilayah dimana masyarakat punya keputusan mutlak terhadap Caleg yang diinginkan dan disukai oleh masyarakat,” ujarnya kepada awak media usai ditemui di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Pria yang juga bakal calon legislatif DPR RI ini menambahkan, PAN sangat mendukung keputusan MK tersebut.

“Kita bergembira dan ini adalah betul-betul pesta demokrasi rakyat dimana partai hanya menjadi regulator bagi menyaring Caleg-caleg yang akan berkompetisi di Dapilnya masing-masing,” tukasnya.

Tutur menambahkan bahwa PAN sudah siap bertarung dalam kontestasi pemilu 2024 dengan jujur dan terbuka.

“Kami menyiapkan Caleg-caleg terbaik didapil masing-masing, karena itu tergantung Caleg-calegnya, partai memfasilitasi untuk saksi-saksi partai, agar suara-suara yang sudah dikumpulkan oleh para Caleg itu dapat diamankan disetiap TPS dan sampai ke penentuan di KPU Pusat, pungkasnya, Minggu (18/06/2023). (JC)