Soal Pembentukan Forum Energi Daerah, Dewan Jabar Supono Pertanyakan Banyak Hal ke Pemprov Jawa Barat

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id Pembentukan forum energi daerah Rabu 14 Juni 2023 kemarin oleh Sekretaris daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja mendapat komentar dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Supono.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengakui bahwa dirinya baru sebatas mendengar sudah terbentuknya forum tersebut.

“Tapi kami (Komisi IV) belum pernah berbicara secara concern kepada forum ini, sesungguhnya persoalan energi ini menyangkut alih teknologinya, teknologi yang dipergunakan seperti apa, kemudian energi terbarukan seperti apa, lalu treatment yang akan dilakukan seperti apa,” ujarnya.

“Berikutnya adalah bagaimana cara pengelolaan, dimanalah yang menjadi prioritas itu dan kemudian ada regulasi apa belum, semua itu bertelindan yang harus kita sinergikan secara komprehensif,” lanjut Supono.

Dirinya mengharapkan dengan adanya forum ini bisa memberi masukan sehingga langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah provinsi kemudian juga stakeholder yang terkait bisa tepat guna.

“Sebab bisa jadi teknologinya tertentu tapi mungkin tidak padat karya atau hanya modalnya saja yang besar tapi dampak lingkungannya juga mungkin kurang,” tukasnya.

Faktor-faktor tersebut diharapkan H. Supono harus tersinergikan secara mendalam.

“Entah itu nanti bentuknya konsorsium energi atau bentuknya forum, kalaupun sekarang ada sejenis seperti forum, diharapkan bisa memberikan kontribusi pemikiran solusi kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. (JC)