Pada Tahun 2024 PNS Kemenkeu Ikut Pindah ke IKN

Berita1457 views

Inionline.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mempersiapkan pemindahan sebagian pegawai Kementerian Keuangan ke Ibu Kota Negara (IKN) pada 2024 mendatang.

Kendati demikian, wanita yang akrab disapa Ani ini tidak merinci berapa jumlah PNS Kemenkeu yang bakal dipindah ke Ibu Kota baru tersebut. Namun, yang jelas proses ini dinilai membutuhkan dukungan anggaran.

“Kita juga untuk 2024, akan siapkan perpindahan pegawai Kemenkeu ke IKN,” ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (12/6).

Selain itu, tahun depan, Kemenkeu juga akan membentuk jabatan baru untuk membantu tugas perbendaharaan negara. Jabatan tersebut pun tidak dirinci olehnya.

“Kita juga akan membentuk jabatan fungsional baru di Kemenkeu yang ini kita koordinasi erat dengan Kemenpan RB,” jelasnya.

Kedua kebijakan ini masuk dalam kebutuhan strategis baru Kemenkeu untuk tahun anggaran 2024. Oleh karenanya, kebutuhan anggaran lebih besar akan diperlukan tahun depan.

Untuk 2024, Kemenkeu mengajukan anggaran sebesar Rp48,35 triliun. Nilai ini bersumber dari rupiah murni Rp38,9 triliun, PNBP Rp21,76 miliar, hibah Rp1,12 miliar dan BLU Rp9,42 triliun.

Anggaran ini akan digunakan untuk berbagai program/fungsi yang telah disusun. Rinciannya, fungsi pelayanan sebesar Rp44,71 triliun, fungsi ekonomi Rp161,87 miliar, dan fungsi pendidikan Rp3,48 triliun.

“Demikian pimpinan mohon untuk mendapatkan persetujuan terhadap program 2024 tersebut,” pungkasnya.