Lima Siswa Bakal Wakili Indonesia di Ajang Olimpiade Internasional Astonomi

Pendidikan1557 views

Inionline.id – Sebanyak lima siswa bakal mewakili Indonesia di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ke-16 pada 10-20 Agustus 2023 di Chorzów, Polandia. Mereka terpillih dari ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA bidang Astronomi Tahun 2022 dan seleksi pembinaan.

Adapun kelima siswa tersebut, yakni Dzaky Rafiansyah (SMA Semesta, Jawa Tengah), Zahran Nizar Fadhlan (SMAN 1 Padang, Sumatra Barat), Bryan Herdianto (SMAS Kanisius DKI Jakarta), Ferdinand (SMAS 1 Kristen BPK Penabur DKI Jakarta), dan Indra Rhamadan (SMAN 1 Manggar, Kepulauan Bangka Belitung).

“Selamat kepada adik-adik yang terpilih menjadi bagian tim IOAA. Berikan prestasi yang terbaik untuk Indonesia,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hendarman, dikutip dari laman Pusat Prestasi Nasional, Jumat, 30 Juni 2023.

Salah satu siswa perwakilan Indonesia di IOAA, Dzaky Rafiansyah, dari SMA Semesta, Jawa Tengah mengaku sudah mempersiapkan yang terbaik untuk berjuang di IOAA 2023. Dia mempersiapkan diri intensif sejak jauh hari.

“Saya berharap usaha selama 3 tahun berkecimpung dalam Olimpiade Astronomi ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia di IOAA 2023,” tutur Dzaky.

Peserta IOAA merupakan siswa SMA/MA yang telah melalui seleksi berjenjang, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional, serta mengikuti pembinaan serta seleksi pembinaan.

Pembinaan tahap II IOAA digelar daring pada 28 Mei-3 Juni 2023 dan luring pada 5-11 Juni 2023 di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan diselenggarakan oleh Puspresnas, Kemendikbudristek, bersama Tim Pembina Olimpiade Astronomi (TPOA) Indonesia.

Tujuan pembinaan II yaitu memberi pembekalan astronomi kepada peserta dan melakukan seleksi. Sebanyak 5 dari 17 siswa bakal menjadi calon peserta IOAA 2023.

Selanjutnya, kelima siswa akan mengikuti Tahap Pembinaan ke-III (pra-keberangkatan) pada 24 Juli 2023. Mereka akan mengikuti pembinaan intensif dan kemudian siap berlaga di ajang IOAA 2023.

International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) merupakan salah satu ajang kompetisi internasional bidang astronomi yang digelar sejak 2007 dan dilaksanakan setiap tahun sekali. IOAA bertujuan mempromosikan minat yang tumbuh dalam astronomi dan ilmu terkait, khususnya melalui pendidikan untuk generasi muda dan meningkatkan pengembangan kontak internasional dalam mempromosikan astronomi dan astrofisika di sekolah-sekolah.

Tim IOAA Indonesia akan didampingi Hakim L Malasan dan Ikbal Arifyanto sebagai Team Leader dari Institut Teknologi Bandung (ITB).