Gempa Pacitan Tidak Mempengaruhi Aktivitas Gunung Merapi

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memastikan gempa bumi bermagnitudo 5,8 yang mengguncang Pacitan, Jawa Timur, Kamis (8/6) dini hari dan terasa getarannya hingga DIY tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan menyebut gempa ini terekam dalam jaringan seismik Gunung Merapi.

“Terbaca di seismograf, tapi nggak mempengaruhi aktivitas Merapi sampai saat ini,” kata Agus Budi saat dihubungi, Kamis pagi.

Sementara itu Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY hingga pagi ini belum ada informasiĀ soal kerusakan akibat gempa dini hari tadi.

“Hingga pagi hari ini belum ada informasi dampak gempa bumi tadi malam di wilayah DIY,” tulis keterangan Pusdalops BPBD DIY.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mengungkap gempa dengan M 5,8 mengguncang selatan Jawa, Kamis (8/6) pukul 00.04.55 WIB.

Episenter atau pusat gempa berada di laut pada jarak 128 Km arah Selatan Gunungkudul, DIY, pada kedalaman 46 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkap gempa ini berasal dari aktivitas subduksi lempeng dengan mekanisme naik.

“Update gempa susulan selatan DIY-Jatim hingga pukul 02 30 WIB sebanyak 29 kejadian,” demikian dikabarkan Daryono via akun Twitternya, Kamis pagi.