Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Prengus

Inionline.id – Pada Hari Raya Idul Adha, biasanya banyak orang yang akan mendapatkan daging kurban baik daging kambing maupun daging sapi. Namun dalam artikel ini akan lebih focus membahas tentang cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak prengus.

Lantas, bagaimana cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak mengeluarkan bau prengus? Untuk selengkapnya, simak berikut ini ulasanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara mengolah daging kambing agar cepat empuk

Untuk mengolah daging agar teksturnya empuk bisa dengan beberapa cara. Salah satunya caranya yang paling umum yaitu dengan menggunakan buah-buahan berasa asam seperti jeruk nipis, nanas, atau buah pear. Adapun cara mengolahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, parut buah nanas dan buah pear terlebih dulu
  • Lalu, campuran parutan nanas dan pear ke dalam daging sampai merata
  • Diamkan beberapa saat sebelum dimasak

Diketathui bahwa buah-buahan seperti nanas dan pear ini mengandung zat asam yang berguna untuk membuat daging menjadi lebih mudah empuk. Selain dengan buah-buahan, untuk membuat daging empuk juga dengan cara membungkusnya menggunakan dedaunan.

Adapun dedaunan yang bisa digunakan agar membuat daging empuk empuk yaitu daun pisang, daun jambu, dan daun jati. Menurut penelitian, daun papaya, daun jambu dan daun jati juga mengandung enzim yang membantu untuk membuat daging jadi lebih empuk.

Setelah mengetahui cara membuat daging menjadi empuk, penting juga mengetahui bagaimana cara agar daging tidak prengus. Seperti diketahui, daging kambing cenderung bau prengus. Nah untuk lebih jealasnya, berikut ini caranya.

  •  Buang lemak daging

Salah satu cara agar daging kambing tidak mengeluarkani bau prengus yaitu dengan membuang lemak daging. Agar lemak daging lebih mudah dibuang, bisa dengan cara membekukan daging sampai setengah. Setelah itu, kamu pun bisa langsung memotongnya.

  • Jangan cuci daging

Cara berikutnya agar daging kambing tidak mengeluarkan bau prengus yaitu jangan dicuci terlebih dulu. Karena mencuci daging kambing hanya akan membuat tekstur daging kambing jadi alot, bahak membuat aroma prengus semakin kuat.

Kalaupun ingin tetap dicuci, maka cukup dengan menghilangkan kotoran yang ada dalam daging kambing menggunakan tisu, lalu langsung rebus dagingnya selama 10 menit, kemudian air rebusan dibuang dan menggantinya dengan air baru.

  • Taburi Garam

Cara berikutnya agar daging kambing tidak prengus yaitu dengan menaburi garam. Garam memiliki kandungan yang membantu mengurangi armoa darah kambing yang tidak sedap. Pastikan daging ditaburi garam secara merata dan diamkan 60 menit sebelum dimasak.

Demikian ulasan mengenai cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak prengus yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!