Berikut ini Cara Aman Konsumsi Daging Kurban agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Kesehatan457 views

Inionline.id – Konsumsi daging diperkirakan akan meningkat pada hari raya Iduladha. Baik daging sapi maupun kambing, biasanya seseorang akan mengonsumsi daging dalam jumlah besar ketika Iduladha tiba.

Sebelum mengonsumsi banyak daging, dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD Elia Indrianingsih membagikan tips agar konsumsi daging kurban tetap dalam batas aman. Kiat-kiat itu adalah:

Makan dengan Porsi Secukupnya

“Jika mendapatkan daging kurban yang cukup banyak, pastikan olah dan konsumsi secukupnya,” kata Elia beberapa waktu lalu

Pemilihan Bagian Daging

Biasakan pilih area daging yang tidak berlemak seperti has dalam misalnya, serta hindari area perut apalagi jeroan.

Pengolahan Daging

Dari sisi pengolahan, umumnya daging dimasak dengan menggunakan banyak minyak, santan, dan pembakaran.

Menurut Elia, pengolahan menjadi sup bening akan lebih baik. Jika dimasak dengan santan, batasi kuahnya. Dan, jika dibakar jangan dipilih yang gosong.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan dalam Konsumsi Daging

Lengkapi dengan Konsumsi Serat

Jangan lupakan konsumsi serat yang bisa didapat dari sayuran dan juga buah-buahan sebagai penyeimbang.

Lengkapi dengan Olahraga

“Satu hal yang juga bisa Anda lakukan yaitu dengan tetap melakukan olahraga, tidak hanya setelah Idul Adha, tapi lakukanlah secara rutin. Sebaiknya hindari menyantap makanan (terutama daging) 2 jam sebelum Anda tidur,” imbau Elia.

Setop Konsumsi Menu yang Sama Keesokan Harinya

Tips terakhir, Elia juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi menu daging yang sama pada hari berikutnya.

“Setelah Anda mengkonsumsi olahan daging, gantilah menu di hari berikutnya. Anda bisa memilih lauk pauk yang disajikan contohnya dengan ayam, ikan, tahu dan tempe serta sayuran dan dengan memperhatikan pengolahannya,” ujarnya.

“Dengan demikian Anda tetap bisa melahap hidangan daging tanpa rasa khawatir akan penyakit yang mengintainya.”

Dengan menjalankan tips ini, masyarakat dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, kolesterol, serta obesitas akibat konsumsi daging berlebih.

Dampak Konsumsi Daging Berlebih

Daging sapi dan kambing merupakan sumber protein, mineral seperti zat besi, dan vitamin. Zat gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, dalam daging kambing dan sapi juga terkandung zat kolesterol dan lemak jenuh yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih.

Konsumsi daging yang berlebihan dalam waktu lama akan meningkatkan risiko beberapa penyakit, antara lain:

Kolesterol dan Trigliserida Tinggi

Kolesterol adalah satu jenis lemak yang dibuat di hati dan ditemukan pada makanan hewani. Demikian juga trigliserida terdapat di jaringan lemak atau gajih, minyak dan santan.

Kelebihan kolesterol dan triligserida di dalam darah menyebabkan risiko terbentuknya plak yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Penyakit Jantung Koroner dan Stroke

Kolesterol yang tinggi dan menumpuk dalam dinding pembuluh darah akan menimbulkan aterosklerosis yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Ini menjadi cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke.

Obesitas

Mengkonsumsi daging secara berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Ini terjadi jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup karena daging dengan pengolahan minyak dan santan memberikan kalori yang cukup besar.

“Walaupun banyak hidangan olahan daging yang sangat menggiurkan, usahakan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.”

“Demikian juga bagi yang mempunyai riwayat hiperkolesterol hipertrigliserida, jantung koroner, stroke, hipertensi dan gagal ginjal kronis perlu membatasinya,” tandas Elia.