Agar Tidak Salah Omong, Cak Imin Dilarang Bicara Tentang Pilpres

Politik157 views

Inionline.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku diminta tidak banyak bicara mengenai Pilpres 2024 oleh para kiai.

Orang yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan datang dari para kiai di Dewan Syuro PKB dalam rapat pleno di DPP PKB, Senin kemarin (19/6).

“Kiai-kiai, Dewan Syuro menasehati saya supaya tidak terlalu banyak omong soal Pilpres,” katanya.

Cak Imin menduga para kiai memberi nasehat tersebut karena takut ada hal keliru yang tak sengaja terucap. Oleh karena itu, lebih baik membatasi untuk tidak banyak bicara.

Cak Imin termasuk salah satu politisi PKB yang sering muncul di depan publik bicara mengenai Pilpres 2024.

Terlebih ia salah satu kandidat cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Ia mengklaim selama ini ia tidak pernah salah bicara di media.

“Enggak (pernah salah bicara) sih. Khawatir saja,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin disebut tengah menjalani proses ‘pingitan’ jelang Pilpres 2024.

Ketua DPP PKB Yusuf Chudlori menyebut kesepakatan itu diambil dalam Rapat Pleno DPP PKB. Cak Imin nantinya tak akan memberikan pernyataan lagi soal sikap resmi partainya di Pilpres 2024 ke awak media.

Jelang Pemilu 2024, PKB tergabung ke dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra.

“Rapat pleno DPP akhirnya memutuskan agar Gus Muhaimin Iskandar mulai hari ini dipingit, kalau bahasa Jawa, dipingit tidak boleh berbicara soal pilpres,” kata Yusuf di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (19/6).