Resep Onsen Egg Mudah ala Restoran Jepang

Inionline.id – Onsen egg atau telur onsen adalah hidangan Jepang yang menarik perhatian banyak pecinta kuliner di seluruh dunia. Orang-orang pun mulai penasaran dengan resep onsen egg yang punya tekstur khas itu.

Keunikan dari onsen egg terletak pada tekstur kuning telurnya yang lembut dan konsistensi putih telur yang kenyal.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat onsen pun sangat mudah, bahkan sama seperti ketika ingin membuat telur rebus. Namun untuk menghasilkan tekstur yang sempurna, Anda memang harus lebih berhati-hati saat memasaknya.

Legendary Onsen Tamago Aburi Gyudon. (Hangry)

Resep Onsen Egg

Mengutip dari kanal YouTube Ade Koerniawan, berikut adalah resep membuat onsen egg ala restoran Jepang yang bisa Anda coba.

Bahan

  • 1,5 liter air
  • 3 butir telur ayam

Cara membuat onsen egg

  1. Pertama, rebus kurang lebih 1,2 liter air terlebih dahulu, sisihkan 300 ml airnya.
  2. Jika air sudah mendidih, matikan api, lalu masukkan sisa air 300 ml tadi.
  3. Selanjutnya, masukkan telur secara hati-hati. Diamkan selama kurang lebih 17 menit.
  4. Berikutnya, angkat telur lalu langsung masukkan ke air dingin untuk menghentikan proses pemasakan dari sisa-sisa panas dari rebusan air.
  5. Terakhir, pecahkan telur secara perlahan, pastikan bagian kuningnya tidak pecah.
  6. Onsen egg siap disajikan dengan berbagai masakan khas Jepang.

Sama seperti telur rebus biasanya, onsen egg juga bisa tidak langsung dimakan. Jika Anda ingin menyimpannya, pastikan untuk menyimpan ketika masih di dalam cangkang. Namun kualitas onsen egg yang sudah disimpan mungkin memang tidak sebagus onsen egg yang langsung dimakan.

Jika Anda melihat sajian onsen eggs di makanan Jepang, Anda mungkin menemukan beberapa jenis menu yang melengkapi olahan telur ini dengan kuah kaldu.

Anda juga bisa membuat kuah kaldu tersebut dengan mirin, gula, dan kecap jepang. Larutan berwarna cokelat ini disebut kaeshi.

Anda bisa membuat kuah kaldu onsen eggs dengan melarutkan kaeshi dengan air menggunakan perbandingan saty (kaeshi) banding empat (air).

Demikian infromasi mengenai resep onsen egg yang bisa Anda buat dengan dua bahan dan lima langkah saja. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan selera Anda. Pastikan Anda menyukai telur setengah matang sebelum makan olahan satu ini.