Ditemukan Planet Berukuran Dua Kali Bumi

Iptek757 views

Inionline.id – Sebuah planet langka telah ditemukan dengan jarak ratusan tahun cahaya. Temuan ini diklaim mampu menjadi kunci pemahaman tentang formasi planet di luar tata surya alam semesta.

Sebanyak lebih dari 5.300 planet ekstrasurya yang ditemukan, tetapi hanya sedikit yang cocok dengan deskripsi TOI-733b yang baru direkam. TOI-733b merupakan kode sebuah planet. Ia memiliki hampir dua kali ukuran Bumi.

Penelitian ini dilakukan oleh tim astronom yang dipimpin oleh Iskra Georgieva dari Universitas Teknologi Chalmers, Swedia dan berhasil di publikasi di jurnal Astronomi dan Astrofisika.

Tim peneliti berfokus pada TOI-733b setelah berhasil mengumpulkan data planet tersebut dengan bantuan teleskop NASA TESS. Berdasarkan data yang diterima, planet tersebut menunjukkan kepadatan planet yang tertutup air dan berpotensi kehilangan atmosfernya.

Karena posisi planet yang cukup dekat dengan bintang yang mengorbitnya, atmosfer TOI-733b perlahan menipis. Jika atmosfer berhasil dibakar habis, itu dapat mengubah wujudnya menjadi planet batu.

Tim peneliti menjelaskan, dengan analisis teoritis mendalam yang terus meningkat dan janji tindak lanjut presisi tinggi oleh fasilitas saat ini dan yang akan datang.

“Kami tampaknya sedang dalam perjalanan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan utama yang berkaitan dengan pembentukan dan evolusi planet,” ungkap peneliti dalam makalahnya, yang dilansir dariĀ Indy100, Selasa (2/5).

Melalui data itu, ilmuwan merasa semakin optimis untuk memecahkan teka-teki besar dalam ilmu planet ekstrasurya dan alam semesta.