Dibuka Kembali Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Jalur pendakian Gunung Kerinci, Jambi, kembali dibuka setelah erupsi beberapa bulan lalu. Pengumuman ini tertuang dalam surat edaran yang diterbitkan pada Senin (8/5).

Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) mengeluarkan pengumuman nomor PG455/T.1/BIDTEK/KSA/5/2023 tentang Pembukaan untuk Tujuan Wisata/Pendakian Kawasan Wisata Alam Gunung Kerinci.

Kepala Pengawasan Balai Besar TNKS Wilayah 1 Kerinci Nurhamidi menyampaikan pembukaan jalur pendakian ini dilakukan, karena Gunung Kerinci sudah terbilang aman untuk sementara waktu.

“Sudah buka karena sudah aman. Pihak TNKS, membuka kawasan wisata alam Gunung Kerinci untuk tujuan wisata dan pendakian. Akan tetapi harus waspada karena kondisi gunung kerinci masih level II,” katanya, Senin (8/5).

Balai TNKS pun mengimbau agar para pendaki Gunung Kerinci tidak mendekati kawah gunung tersebut. Para pendaki harus mengikuti aturan yang berlaku demi keselamatannya.

“Karena masih ada risikonya,” tuturnya.

Sesuai hasil pengamatan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Kerinci pada tanggal 17 Januari hingga 25 Februari lalu, aktivitas Gunung Api Kerinci mengalami penurunan. Sekitar gunung itu cuacanya cerah, tidak ada angin kencang, hembusan asap sulvatara nihil, lalu tidak terjadi gempa dalam maupun dangkal.

“Kita juga terima laporan badan pihak geologi pusat vulkanologi, dan pihak mitigasi bencana geologi. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat akan terus melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan aktivitas gunung kerinci,” ujar Nurhamidi.