6 Cara Menggoreng Pisang agar Renyah

Inionline.id – Pisang merupakan salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai sajian. Jika kebanyakan buah hanya bisa dijadikan jus, tambahan perasa, atau dimakan langsung, pisang juga bisa digoreng.

Salah satu kunci supaya pisang goreng terasa nikmat adalah membuat teksturnya menjadi renyah. Apakah Anda masih terus mengalami kegagalan saat membuatnya? Jika iya, cobalah berbagai tips berikut.

Cara Menggoreng Pisang agar Renyah

Supaya tidak gagal lagi, simak tips berikut untuk membuat pisang goreng crispy.

1. Pilih pisang yang tepat

Saat membeli pisang, pilihlah yang masih agak keras dan belum terlalu matang. Pisang yang terlalu lunak atau terlalu matang cenderung membuat gorengan menjadi lembek. Pisang yang terlalu matang juga akan lebih cepat busuk jika tidak segera diolah.

2. Jangan pilih pisang yang basah

Pastikan pisang yang digunakan dalam kondisi kering dan tidak basah. Jika pisang basah, adonan tepung akan menempel kurang merata pada pisang sehingga membuat gorengan menjadi tidak renyah. Sebaliknya buatlah adonan yang lebih basah supaya bisa menempel dengan baik di pisang.

3. Buat tepung yang benar

Jika ingin membuat tepung pelapis pisang yang renyah, usahakan jangan hanya menggunakan tepung terigu saja.

Cobalah untuk membuat adonan pisang goreng dengan mencampurkan tepung dengan gula, garam, dan baking powder hingga rata sebelum menambahkan air.

4. Gunakan air dingin

Saat membuat adonan tepung, gunakan air dingin atau bahkan air es. Nantinya, air dingin akan membuat adonan lebih mudah melekat ke pisang sehingga gorengan terasa renyah.

Jika tidak ada air es atau air dingin, setidaknya jangan menggunakan air hangat. Cukup gunakan air biasa.

5. Pilih minyak goreng yang tepat

Gunakan minyak goreng yang tepat, seperti minyak kelapa atau minyak goreng khusus gorengan. Minyak yang tepat akan membantu membuat gorengan lebih renyah dan gurih.

Selain itu, goreng pisang saat minyak sudah benar-benar panas. Jadi, pisang tidak terlalu lama terendam dan itu membuatnya terasa lebih lembek.

6. Goreng sedikit demi sedikit

Jangan terlalu banyak menggoreng pisang sekaligus dalam satu waktu. Gorenglah pisang dalam jumlah sedikit sehingga dapat digoreng dengan merata dan hasilnya lebih renyah.

Pastikan semua bagian pisang matang secara merata sehingga rasa renyah bisa muncul dengan lebih baik.

Itulah beberapa cara menggoreng pisang agar renyah. Semangat bikin pisang goreng enak!