Wakil Ketua DPRD Jabar Jadi Khotib Shalat Ied di Perumahan Alam Tirta Ciomas Bogor

Antar Daerah757 views

Bogor, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat menjadi khotib atau penceramah shalat Idul Fitri di lapangan Perumahan Alam Tirta, Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/04/2023).

Mengambil tema Ramadhan untuk esok yang lebih cerah, nampak ratusan masyarakat menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh mantan Wakil Wali Kota Bogor ini.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil-hamdu…
Pada pagi hari ini kita menyaksikan ratusan juta manusia mengumandangkan takbir, tahlil, tasbih, dan tahmid. Semilyar mulut menggumamkan kebesaran, kesucian, dan pujian untuk Allah Subahanhu wa Ta’ala, sekian banyak pasang mata tertunduk di hadapan kemaha-besaran Allah Azza wa Jalla, sekian banyak hati diharu-biru oleh kecamuk rasa bangga, haru, bahagia dalam merayakan hari kemenangan besar ini,” ujarnya.

“Sebuah kemenangan dalam pertempuran panjang dan melelahkan, bukan melawan musuh di medan laga, bukan melawan pasukan dalam pertempuran bersenjata. Namun, pertempuran melawan musuh-musuh yang ada di dalam diri kita, nafsu dan syahwat serta syetan yang cenderung ingin menjerumuskan kita,” tukasnya.

Lanjut, “Ibnu Sirin berkata tentang sulitnya mengendalikan jiwa, “Aku tidak pernah mempunyai urusan yang lebih pelik ketimbang urusan jiwa.” Hasan Bashari berkata, “Binatang binal tidak lebih membutuhkan tali kekang ketimbang jiwamu.”

Achmad Ru’yat bersilahturahmi dan berlebaran dengan masyarakat Perumahan Alam Tirta Ciomas Bogor usai menjadi khotib shalat ied, Sabtu (22/04/2023).

Kemenangan melawan hawa nafsu ini adalah inti kemenangan, inilah kemenangan terbesar, kemenangan utama yang akan melahirkan kemenangan-kemenangan lain dalam semua kancah kehidupan dunia yang kita arungi,” imbuhnya.

Kita membutuhkan kemenangan seperti ini untuk memenangkan semua pertarungan yang kita hadapi dalam hidup ini,” lanjutnya.

Betapa banyak perangkat-perangkat materi kemenangan dikuasai oleh seseorang, kelompok, dan bangsa. Namun ternyata mereka harus menelan kekalahan dengan sederet perangkat materi itu,” ucapnya.

“Mereka memiliki ilmu dan teknologi, senjata, perlengkapan, dan sarana lainnya, namun itu semua tidak berdaya di hadapan seseorang, kelompok, atau bangsa yang memiliki ketangguhan jiwa, kekuatan mental, dan kematangan pribadi,” tandasnya.

Tidak lupa Ru’yat berpesan kepada masyarakat untuk terus berkonsolidasi meningkatkan ketahanan keluarga.

Belajar dari data pengadilan agama Kabupaten Bogor yang Ru’yat peroleh saat menghadiri Musrenbang Kabupaten Bogor 2023, prediksi kepala pengadilan agama jumlah perceraian di tahun 2023 ini bakal mencapai 12 ribu kasus gugatan cerai.

“Untuk itu mari kita menerima pasangan kita atas ketidaksempurnaannya,” pungkas Ru’yat.