Polda Metro Mengimbau Untuk Masyarakat Tidak Gelar Takbir Keliling

Antar Daerah757 views

Inionline.id – Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk tak menggelar takbir keliling di malam Idul Fitri 1444 H di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Tentu kami mengimbau untuk tidak dilakukan. Langkah-langkah ini tentunya kembali dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Kamis (20/4).

Trunoyudo juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan tradisi di malam Idul Fitri dengan menggelar kegiatan di tempat ibadah atau di lingkungannya masing-masing.

Disampaikan Trunoyudo, jika nantinya ditemukan ada masyarakat yang melakukan konvoi atau arak-arakan kendaraan di malam takbiran, akan dilakukan langkah-langkah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman meminta masyarakat untuk tak menggelar kegiatan arak-arakan atau konvoi, terutama pada saat malam takbiran Idulfitri 1444 H di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan, Latif menyatakan jika menemukan ada aksi konvoi di malam takbiran dengan menggunakan sepeda motor, maka pihaknya akan langsung menghentikannya.

“Arak-arakan pada saat malam takbiran, apalagi yang menggunakan mobil atau motor kita tidak bolehkan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Selasa (18/4).

Namun, Latif mempersilakan jika ada masyarakat yang ingin melakukan takbir keliling dengan berjalan kaki mengelilingi kampung-kampung.

“Silakan untuk mereka bertakbir di tempat yang disediakan masing-masing, di masjid misalnya. Kalau mereka berjalan kaki di kampungnya ya itu disarankan, tapi kalau menggunakan sepeda motor itu tidak boleh,” ucap dia.