Kemenkes: Varian Arcturus Picu Lonjakan Kasus Covid

Berita157 views

Inionline.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan subvarian Omicron XBB 1.16 alias Arcturus menjadi pemicu naiknya kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia khususnya Ibu Kota dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut saat ini sudah ada sekitar sembilan kasus Arcturus yang teridentifikasi di DKI Jakarta dan Jawa Timur.

“Iya [kenaikan kasus] adanya subvarian Arcturus. Kalau tidak salah kasus sudah ada lebih dari sembilan,” kata Nadia, Rabu (26/4).

Nadia mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan, khususnya usai libur Lebaran. Apabila hendak bepergian, ia meminta agar masyarakat memastikan tubuh dalam kondisi fit.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker jika berada di tempat yang padat atau kerumunan, serta segera melakukan vaksinasi booster di fasilitas kesehatan.

“Kalau sakit segera tes dan isolasi, jangan memaksa bepergian,” ujarnya.

Konfirmasi positif Covid-19 kembali meningkat menjadi 1.167 kasus pada Selasa (25/4). Dalam dua pekan terakhir, Indonesia mencatatkan kasus Covid-19 harian di atas seribu sebanyak lima kali.