Ini 5 Tempat Wisata di Wonogiri Paling Terkenal dan Favorit Pelancong

Inionline.id – Salah satu kota di Jawa Tengah yang menjadi favorit banyak orang untuk dikunjungi adalah Kabupaten Wonogiri. Ada banyak tempat wisata di Wonogiri, terutama yang menyuguhkan keindahan alam, mulai dari perbukitan hingga pantai.

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Wonogiri yang bisa kamu kunjungi saat liburan, sebagaimana telah dihimpun Suara.com dari berbagai sumber.

1. Waduk Gajah Mungkur

Objek wisata Waduk Gajah Mungkur. (Sumber: Solopos)

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Banyak orang yang mengunjungi waduk ini untuk sekedar berjalan-jalan dan mengelilingi bendungan.

Ada berbagai macam fasilitas yang bisa dimanfaatkan di Waduk Gajah Mungkur, seperti taman satwa, kolam renang, rumah makan terapung, jet ski, hingga kereta kelinci. Menariknya, tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke wilayah waduk.

Lokasi Waduk Gajah Mungkur: Goden, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Muncar

Air Terjun Muncar terletak sekitar 50 menit dari pusat Kota Wonogiri. Kamu harus berjalan selama kurang lebih satu jam untuk menemui air terjun yang asri dan alami ini.

Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke area Air Terjun Muncar. Lokasi Air Terjun Muncar: Desa Bubakan, Girimarto, Wonogiri.

3. Pantai Nampu

Pantai Nampu terkenal sebagai pantai yang digunakan nelayan untuk melaut. Tak jarang, pengunjung juga ikut belajar memancing bersama penduduk setempat.

Kamu bisa membayar Rp5 ribu untuk masuk ke area Pantai Nampu. Lokasi Pantai Nampu: Desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri.

4. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo menyajikan pemandangan eksotis dari batu karang dan tebing-tebing di sekitarnya. Untuk masuk ke lokasi ini, kamu perlu membayar sekitar Rp2 ribu.

Lokasi Pantai Banyutowo: Desa Gudangharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

5. Goa Putri Kencono

Bagi kamu yang suka dengan wisata alam goa, wajib mengunjungi Goa Putri Kencono. Bagian dalam goa ini begitu memukau hingga banyak penjelajah yang berkunjung.

Goa Putri Kencono terbagi menjadi tujuh ruangan. Mereka antara lain: ruang tamu, ruang kebudayaan, ruang kepustakaan, ruang jumenengan, ruang sarasehan, ruang panyuwunan, dan ruang keluarga.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata di Wonogiri yang dapat kamu kunjungi. Semoga informasi di atas bermanfaat!