Dishub DKI Butuh 12 Bus Tambahan, Pendaftar Mudik Gratis Melonjak

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta masih membutuhkan 12 bus tambahan untuk program mudik gratis Lebaran 2023.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kebutuhan tambahan itu lantaran tingginya antusias masyarakat untuk ikut program tersebut.

Dia mengatakan Dishub menyediakan kuota untuk 19.280 penumpang, namun pendaftar mencapai 24 ribu orang. Oleh karenanya ada kelebihan penumpang yang harus diakomodasi.

“Kami sedang lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, ada tidak yang memasukkan CSR. Contoh, Bank DKI sudah bersedia menyumbang 5 bus,” kata Syafrin di Jakarta, Kamis (13/4).

“Karena kelebihan 4 ribu (penumpang) itu, sedang diupayakan. Total kebutuhan bus tambahan 17, yang sudah ada 5. Masih kurang 12,” imbuh dia.

Syafrin optimistis kekurangan bus itu bakal terpenuhi sebelum pemberangkatan mudik pada 17 April.

“Jadi selain 484 bus dari Pemprov melalui APBD juga ada beberapa entitas seperti tadi BUMD Bank DKI,” katanya.

Ada 19 kota yang menjadi tujuan program mudik gratis Dishub DKI tahun ini. Selain bus, juga disediakan 23 unit truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik.

Armada truk akan diberangkatkan pada 16 April dari terminal Pulogadung. Sedangkan armada bus akan berangkat pada 17 April dari Monas.