Pada 18-21 April 2023 Diprediksikan oleh Polri Menjadi Puncak Arus Mudik Lebaran

Berita157 views

Inionline.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2023 akan mulai berlangsung pada 18 April 2023.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan perkiraan itu muncul setelah pemerintah memajukan cuti bersama lebaran menjadi 19 April.

“Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan untuk cuti bersama dimajukan tanggal 19 (April). Jadi kita prediksi 18 malam ini sudah mulai ada kepadatan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (28/3).

Aan mengatakan peningkatan kepadatan kendaraan mudik lebaran itu diperkirakan berlangsung hingga 21 April.

“Ada peningkatan sampai tanggal 21 atau H-1 (lebaran), ini untuk kalau yang lebarannya (tanggal) 22. Kalau yang lebarannya (tanggal) 21, itu akan pulang sebelum (tanggal) 21,” ucapnya.

Sementara untuk arus balik mudik, kata Aan, pihaknya memprediksi akan terbagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama arus balik mudik Lebaran diprediksi terjadi tanggal 25 Mei 2023. Sedangkan prediksi gelombang kedua arus balik mudik adalah pada 30 Mei 2023.

“Ada 2 gelombang kemungkinan nanti untuk arus baliknya ini,” kata Aan.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi memastikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah opsi rekayasa lalu lintas pada Operasi Ketupat 2023.

Beberapa skema rekayasa lalu lintas dimaksud berupa contraflow hingga skema one way. Lebih lanjut, Firman memgatakan skema rekayasa itu rencananya juga tidak hanya digelar pada ruasbjalan tol melainkan pada area sekitar Pelabuhan Merak.

Selain itu, Firman mengaku pihaknya juga telah melakukan survei langsung ke sejumlah rute mudik mulai dari Jalur Pantai Selatan, Pantai Utara, hingga ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.