Ini 7 Rekomendasi Menu Sahur untuk Ibu Menyusui

Inionline.id – Bagi beberapa ibu, menyusui bukanlah menjadi alasan untuk tidak ikut ibadah puasa. Hanya saja, mereka harus lebih cermat dalam memilih menu sahur. Apa sih menu sahur untuk ibu menyusui yang tepat?

Dengan menu sahur yang tepat, ASI tetap dapat keluar dengan baik tanpa membuat ibu semakin merasa lemas saat puasa Ramadhan. Berikut rekomendasi menu sahur untuk ibu menyusui.

Menu sahur untuk ibu menyusui

Supaya asupan ASI untuk si kecil tetap terpenuhi tetapi ibu juga tidak merasa kelelahan. Berikut adalah beberapa menu sahur yang bisa ibu coba selama menyusui saat puasa.

1. Daging dan iklan

Sebagai lauk, ibu bisa memilih daging dan ikan saat sahur. Dengan kandungan protein yang cukup tinggi, kedua bahan tersebut akan menjaga produksi ASI dan daya tahan tubuh ibu.

Berbagai jenis ikan seperti salmon atau sarden juga kaya akan vitamin B12, zat besi, hingga asam lemak omega-3 yang bagus untuk menjaga kesehatan bayi Anda.

2. Daun katuk

Kaya akan antioksidan, kalsium, serat, zat besi, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, daun katuk bisa menjadi pilihan menu sahur yang tepat untuk ibu menyusui.

Supaya lebih lengkap, ibu juga bisa menambahkan wortel, jagung, atau tomat di dalamnya. Tidak hanya untuk ibu hamil, menu ini juga bagus untuk keluarga.

3. Hummus atau kacang arab

Kacang arab memang sudah lama dikenal sebagai makanan penambah jumlah ASI. Maka, ibu hamil bisa memasukkan jenis kacang satu ini sebagai menu sahur. Namun sebaiknya tetap imbangi dengan menu tama lainnya.

Supaya kalorinya lebih banyak, ibu bisa mengolah hummus dengan biji wijen dan tahini. Haluskan ketiga bahan tersebut sambil menambahkan bawang putih.

4. Gandum utuh

Karbohidrat kompleks dan serat bisa Anda dapatkan melalui asupan gandum utuh. Ini juga menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diolah sebagai menu sahur jika ibu sedang terburu-buru.

Bukan hanya pada roti, ibu juga bisa menemukan kandungan gandum utuh pada pasta hingga oatmeal.

5. Alpukat

melansir dari laman Alo Dokter, alpukat merupakan salah satu buah yang bisa menjadi menu sahur untuk ibu menyusui. Sebab buah berwarna hijau ini terdiri dari 80 lemak daan 250 kalori setiap buahnya.

Tidak hanya membuat kenyang, alpukat juga bisa membantu meningkatkan kualitas ASI.

6. Brokoli

Kandungan fitoestrogen dalam brokoli dipercaya mampu memperlancar produksi ASI. Selain itu, sayuran hijau ini juga kaya akan fosfor, zat besi, kalium, dan berbagai vitamin yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

7. Bayam

Tidak kalah dari brokoli, bayam juga termasuk salah satu jenis sayuran yang bagus untuk dikonsumsi selama menyusui.

Tidak hanya saat sahur, ibu juga bisa mengonsumsinya sebagai menu buka puasa.

Itulah beberapa menu sahur untuk ibu menyusui yang bisa dicoba diterapkan selama puasa Ramadhan 2023.