Berikut ini 5 Tips Memilih Kurma yang Berkualitas

Inionline.id – Mendekati bulan puasa tahun 2023 ini, berbagai makanan dan suasana bulan suci sudah bisa dirasakan di banyak tempat umum. Kurma menjadi salah satu komoditas yang banyak diperdagangkan, karena identik dengan bulan Ramadhan. Jelas, agar mendapat kurma berkualitas, Anda harus tau tips memilih kurma yang tepat.

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kurma berkualitas, yang mungkin Anda butuhkan untuk stok selama bulan puasa. Tanpa berpanjang lebar, simak tipsnya di bawah ini.

1. Cermati Kondisi Fisik  Kurma

Kurma yang dijual di Indonesia umumnya berjenis kurma kering dengan tampilan fisik yang agak basah, lunak, dan cenderung tidak lengket. Jika kurma yang Anda pegang terasa lengket, bisa jadi kurma tersebut sudah ditambahkan pemanis.

Hindari membeli kurma yang terlalu berkerut. Selama kerutan kurma wajar dan tidak keras saat dipegang, maka kurma yang dijual cenderung masih baru dan segar.

2. Warnanya Rata

Warna merata pada kurma harus jadi poin berikutnya yang Anda cermati. Kecoklatan, cenderung gelap, dan warnanya serupa di setiap sisi kurma, menandakan kurma berkualitas baik dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Cermati juga jangan sampai ada noda di bagian permukaannya.

3. Jangan Ragu Meminta Tester

Jika terdapat tester yang ditawarkan, jangan ragu untuk mengambilnya. Pastikan Anda mencoba kurma yang tersedia, dan sebisa mungkin ambil dari tempat kurma yang dijual. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan rasa yang mewakili kurma yang dijual tersebut.

Kurma yang masih berkualitas baik memiliki tekstur khas yang bersahabat di lidah, dan rasa manis yang tidak terlalu pekat.

4. Cermati Tempat Jualannya

Pastikan juga pedagang yang Anda datangi memiliki tempat berjualan yang bersih dan higienis. Hindari membeli di tempat berdagang yang kurang bersih, karena dapat meningkatkan risiko kurma terkontaminasi zat yang dapat memicu gangguan kesehatan.

Soal kebersihan sendiri sebenarnya cukup subjektif. Namun tentu Anda memiliki standar yang jelas pada tempat dagangan yang bersih, sebagai kriteria yang wajib dipenuhi.

5. Kemasan Tertutup Rapat

Terakhir adalah di bagian kemasan kurma. Kurma yang dijual di supermarket atau mall idealnya dibungkus dalam kemasan yang menarik. Untuk memastikan kurma masih terlindung dalam kemasannya, cermati setiap sisi pembungkus dan pastikan tidak ada kerusakan.