6 Makanan yang Bisa Menjadi Penyebab Jerawat

Inionline.id – Jerawat merupakan satu permasalahan kulit yang umum terjadi pada banyak orang, terutama remaja dan orang dewasa muda. Adapun faktor genetik, hormonal, dan lingkungan dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Asupan makanan juga bisa berperan dalam timbulnya jerawat pada kulit. Pertanyaannya, apa saja makanan penyebab jerawat?

Beberapa makanan memiliki kandungan yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit, inflamasi, dan akhirnya menyebabkan jerawat. Suara.com telah merangkum informasi seputar daftar makanan penyebab jerawat yang dapat kamu ketahui. Simak ulasannya berikut ini.

1. Makanan Berlemak Tinggi

Ilustrasi burger. (Shutterstock)

Makanan berlemak tinggi seperti daging merah, makanan cepat saji, dan gorengan dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Munculnya minyak berlebih pada kulit dapat menyumbat pori-pori, dan memicu jerawat.

Selain itu, makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan peradangan pada kulit yang bisa memperburuk jerawat. Makanan berlemak tinggi mengandung asam lemak jenuh dan trans yang dapat memicu produksi hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit.

2. Makanan Manis Tinggi

Makanan manis seperti permen, cokelat, dan minuman bersoda dapat meningkatkan risiko jerawat pada kulit. Hal ini karena makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat memicu produksi hormon insulin dan insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang dapat merangsang produksi minyak pada kulit dan menyebabkan inflamasi yang memperburuk jerawat.

3. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi putih memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat ini dapat memicu produksi insulin yang memperburuk jerawat. Selain itu, makanan olahan juga dapat menyebabkan inflamasi pada kulit.

4. Susu dan Produk Susu

Susu dan produk susu dapat menyebabkan jerawat pada kulit karena susu mengandung hormon pertumbuhan yang dapat merangsang produksi minyak pada kulit. Produk susu juga mengandung kasein yang dapat meningkatkan kadar insulin pada tubuh dan memicu inflamasi pada kulit yang memperburuk jerawat.

Ilustrasi makanan pedas. (Unsplash/Nick Karvounis)

5. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dan rempah-rempah dapat memicu inflamasi pada kulit dan memperburuk jerawat. Makanan pedas juga bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit.

6. Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein dapat meningkatkan risiko jerawat pada kulit karena dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit yang memperburuk jerawat.

Nah, itulah beberapa daftar makanan penyebab jerawat yang bisa kamu hindari. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!