Soal Permintaan Gubernur Ridwan Kamil Terhadap REI untuk Buat Bangunan Tahan Gempa dinilai Telat Oleh Dewan Asep Arwin

Antar Daerah357 views

Bekasi, Inionline.id – Permintaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Real Estate Indonesia (REI) agar fokus membangun struktur bangunan tahan gempa saat syukuran ke-51 REI, Sabtu 11 Februari 2023 dianggap telat oleh anggota DPRD Jawa Barat Asep Arwin Kotsara.

Menurutnya, hasil investigasi dirinya bersama Komisi IV DPRD Jabar usai gempa Cianjur di Kantor Dinas Perhubungan provinsi yang ada disana, ditemukan struktur bangunannya kurang tahan gempa.

“Struktur bangunannya itu bukan yang tahan gempa, seperti contoh misalnya besar dari besinya sekitar 12 atau 10, itu dipakai hanya syarat saja bahkan tembok-tembok rubuh,” ujarnya, Jum’at (17/02/2023).

“Sebenarnya RK ngomong sekarang itu telat, menurut saya, seharunya dari dulu sudah tahu wilayah Indonesia wilayah yang daerah tektonik, gempa dan sebagainya, seharusnya tidak usah menunggu dulu sebelum kejadian muncul, ketika muncul baru disadarkan, sudah tahu kita struktur tanahnya rentan gempa, sudah tahu seharusnya diawal sebagai Gubernur Jawa Barat,” kata Asep Arwin.

Legislator daerah pemilihan Kota Bekasi-Depok ini justru mendorong dibuatnya Perda terkait bangunan tahan gempa di Jawa Barat.

“Nanti kita coba diskusikan dan bisa kita usulan dari Komisi atau di eksekutif, kita bisa usulkan dari Komisi IV,bsaya akan disuksikan dengan teman-teman kalau memang tadi yang disampaikan benar-benar penting,” tandasnya. (JC)