Presiden Jokowi Menyebut Peluang Kerja di Masa Depan Bisa Digantikan Robot

Headline, Nasional657 views

Inionline.id – Di masa kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pekerjaan-pekerjaan baru tumbuh dengan cepat. Menurutnya, jika manusia tak menguasai keahlian baru, pekerjaan manusia akan digantikan mesin atau robot.

“Tanpa penguasaan keahlian baru, kita akan ditinggalkan. Dan peluang peluang kerja baru akan diambil oleh para pekerja dari negara lain atau digantikan oleh mesin dan robot,” kata Jokowi yang hadir secara daring di acara Kemenko PMKĀ di Hotel Shangrila Jakarta, Selasa (21/2).

Jokowi menilai dunia saat ini sudah berubah sangat cepat. Keadaan dunia yang diselimuti kondisi disrupsi menuntut semua orang beradaptasi dengan cepat.

“Termasuk dalam dunia kerja. Pekerjaan-pekerjaan lama akan ditinggalkan,” kata dia.

Melihat kondisi itu, Jokowi meminta jajarannya bekerja cepat. Ia meminta pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) hingga melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Ia ingin para lulusan sekolah di Indonesia siap memenuhi kebutuhan tenaga kerja di dalam dan luar negeri.

“Yang menguasai emerging knowledge atau keahlian-keahlian baru,” ucapnya.

Ia pun soal pembangunan proyek infrastruktur di berbagai daerah. Pembangunan proyek ini diklaim Jokowi telah menciptakan sentra ekonomi baru.

Momentum ini, lanjut dia, membuka peluang tenaga kerja terpilih untuk mengisi sentra ekonomi baru di berbagai daerah tersebut. Ia ingin ruang ekonomi ini diisi oleh SDM Indonesia yang terampil.

“Saya ingin ruang-ruang kerja Ini diisi oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki keahlian, yang memiliki dedikasi, yang memiliki etos kerja yang tinggi, semangat dan cita-cita besar untuk mewujudkan kemajuan Indonesia,” kata dia.