Pertahanan Barcelona Ukirkan Rekor

Inionline.id – Ketangguhan Barcelona makin teruji di Liga Spanyol. Kemenangan atas Cadiz mengantarkan mereka ke sebuah rekor pertahanan.

Barcelona meraih kemenangan 2-0 saat menjamu Cadiz di Camp Nou, Senin (20/2/2023) dini hari WIB. Gol dari Sergi Roberto dan Robert Lewandowski menjaga Barca tetap unggul delapan poin dari Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol.

Tampil dominan dengan memegang 65% penguasaan bola, Barca sebenarnya juga terancam sejumlah peluang. Tapi kinerja apik Marc-Andre ter Stegen plus naungan keberuntungan membuat tuan rumah mampu tetap clean sheet.

Cadiz melepaskan 14 tembakan, dengan empat yang on target plus satu membentur tiang. Sementara Barcelona punya 16 percobaan, lima peluang mengarah ke gawang dan satu mengenai tiang.

Clean sheet di laga ini memastikan Barca mengukir sebuah catatan. Dengan tak kebobolan di 17 kesempatan musim ini, mereka adalah tim dengan clean sheet terbanyak setelah 22 pertandingan pertama.

Mereka menggeser catatan Deportivo La Coruna pada 1993/1994 silam. Deportivo saat itu mencatatkan 16 clean sheet dalam periode yang sama dan itu bertahan selama 29 tahun.

Opta turut melansir catatan lain, terkait Barcelona yang baru kemasukan tujuh kali sejauh ini. Itu adalah jumlah kebobolan paling sedikit yang dialami sebuah tim setelah 22 partai dalam sejarah kompetisi Liga Spanyol.

Sebelumnya catatan terbaik adalah hanya kebobolan sembilan kali, yang diukir oleh Barcelona pada 1986/1987, Deportivo pada 1993/1994, dan Atletico Madrid pada 2017/2018.

Barcelona baru sekali kalah di LaLiga musim ini, dari total 22 pertandingan yang sudah dijalani. Yakni saat takluk 1-3 dari Real Madrid di Santiago Bernabeu, yang sekaligus menjadi jumlah kebobolan terbanyak hingga saat ini.