Pada Bulan Februari 2023 RK Targetkan Jalur Truk Tambang di Parung Panjang akan Rampung

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat menargetkan pembangunan jalur khusus kendaraan tambang sepanjang 13 sampai 15 km di wilayah Parung Panjang hingga Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bakal rampung awal Februari 2023.

Ridwan Kamil menjelaskan target itu molor dari rencana groundbreaking untuk proyek tersebut yang sebelumnya dijadwalkan pada Desember 2022.

“Sebentar lagi, aman. Insya Allah nanti diundang. Kita akan perbaiki dalam waktu dekat ya, ada pergeseran sedikit, tapi masih di awal Februari,” Kata Ridwan Kamil saat ditemui di di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan, Selasa (31/1).

Rencana pembangunan jalur tambang diharapkan dapat menghindari konflik antar kendaraan umum/pribadi dengan truk tambang. Selain itu, jalur khusus tersebut diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Sebab, selama ini truk-truk pengangkut batu seringkali melewati jalan hingga menyebabkan kerusakan yang memicu terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga mengaku bakal membangun infrastruktur seperti jalan baru di Jabar.

“Karena dulu anggaran infrastruktur jalan kan kena Covid-19, dua tahun tuh, hilang Rp10 triliun. Nah, sekarang saya tidak ada program-program khusus. Isinya adalah memperbaiki janji-janji yang selama Covid-19 terambil anggarannya salah satunya adalah jalan,” ujar dia.