Nadiem Makarim: Buku Bermutu Mendukung Peningkatan Literasi

Pendidikan557 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim percaya buku bermutu akan mendukung peningkatan kompetensi pelajar. Utamanya, dalam bidang literasi, numerasi, dan karakter.

“Saya percaya buku bacaan yang bermutu sangat mendukung peningkatan kompetensi literasi, numerasi, dan karakter anak Indonesia sesuai profil Pelajar Pancasila,” kata Nadiem melalui unggahan Instagramnya @nadiemmakarim, Senin, 27 Februari 2023.

Dia juga yakin buku menjadi instrumen penting dalam menciptakan pembelajaran inklusif dan berkualitas. Pihaknya terus berkomitmen memperluas kolaborasi pemanfaatan dan penyediaan buku bacaan bermutu bagi peserta didik.

“Untuk itu, hari ini kami akan meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-23 tentang Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia,” jelas Nadiem.

Pada 2022, Kemendikbudristek melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah melaksanakan kegiatan Pencetakan dan Pengiriman Buku Bacaan Literasi dan Modul Literasi Numerasi untuk satuan PAUD dan SD. Buku-buku bacaan ini dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan telah disesuaikan dengan jenjang kemampuan baca anak.

Kegiatan cetak dan kirim tersebut juga dilengkapi dengan pelatihan dan pendampingan buku bacaan bermutu untuk guru-guru yang menerima buku hibah. Hal ini diharapkan agar kemampuan literasi anak Indonesia dapat meningkat.

Nantinya, langkah memperluas kolaborasi pemanfaatan dan penyediaan buku bacaan bermutu bagi peserta didik juga akan digambarkan dalam peluncuran Merdeka Belajar episode ke-23. Peluncuran Merdeka Belajar episode ke-23 dapat disaksikan Senin, 27 Februari 2023, pukul 13.00 WIB pada kanal YouTube Kemendikbud RI.