Kasus Kedua Covid-19 Kraken Ditemukan di Tangerang Selatan

Berita157 views

Inionline.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan temuan kasus kedua Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 alias ‘Kraken’ ditemukan di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Pasien merupakan perempuan berusia 47 tahun.

“Domisili Pamulang, Tangsel. 31 Januari [2023] terdeteksi kraken XBB.1.5,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi lewat pesan singkat, Rabu (1/2).

Dia mengatakan temuan itu berdasarkan hasil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) serta whole genome sequences (WGS).

Nadia menuturkan pasien yang terdeteksi terinfeksi subvarian Kraken itu sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak tiga kali.

“Vaksin ketiga tanggal 12 Februari 2022,” ujarnya.

Sebelumnya, kasus pertama Covid-19 subvarian ‘Kraken’ di Indonesia merupakan warga negara Polandia yang berkunjung ke Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan WNA tersebut masuk ke Indonesia lewat Jakarta pada 6 Januari. Selanjutnya, ia melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 7 Januari, dengan hasil rapid test negatif.

Namun, pada 11 Januari saat ia mau naik kapal, hasil tes PCR menunjukkan positif Covid-19 dan terkonfirmasi terjangkit subvarian Kraken.

Menurut Budi, memiliki karakter penularan yang cepat, tetapi lemah ketika berhadapan dengan antibodi manusia.