DPR Harap Hakim MK Mempertimbangkan Aspirasi Rakyat Soal Sistem Coblos Caleg

Politik157 views

Inionline.id – Wakil Ketua DPR RI Dasco meminta agar hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mempertimbangkan aspirasi atau dorongan dari berbagai pihak agar pemilu 2024, tetap menggunakan sistem proporsional terbuka atau coblos caleg.

Termasuk, sikap delapan fraksi DPR RI yang kompak menolak sistem proporsional tertutup atau coblos partai digunakan pada Pemilu 2024 mendatang.

Saat ini sedang berproses gugatan atau uji materi Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait penerapan sistem proporsional terbuka di MK.

“Kami berharap dalam sidang sidang MK, para hakim MK juga melihat dinamika yang ada, pertimbangan dari DPR, pertimbangan dari pemerintah, dan harapan orang banyak,” kata Dasco, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Kamis (9/2).

Dia menilai, banyak pihak yang ingin coblos caleg, karena sistem itu dapat memberikan ruang bagi seluruh unsur masyarakat untuk maju dalam pemilihan legislatif (pileg).

“Mudah-mudahan itu akan lebih memberikan kesempatan kepada seluruh unsur golongan masyarakat untuk mencalonkan diri berkiprah di legislatif melalui partai-partai politik yang ada,” imbuhnya.