Usai Serang Zidane Presiden FFF Didesak untuk Mundur

Inionline.id – Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Noel Le Graet mendapatkan kecaman keras usai komentarnya terhadap Zinedine Zidane. Ia didesak mundur.

Le Graet dihujani kritik di Prancis setelah mengomentari legenda timnasnya sendiri, Zinedine Zidane. Ia dianggap telah melecehkan Zizou yang berjasa memberikan titel Piala Dunia dan Piala Eropa.

Persoalan bermula dari rumor bahwa Zidane akan menjadi penerus Didier Deschamps sebagai pelatih timnas Prancis. Tapi kenyataannya Deschamps dipertahankan sementara Le Graet malah mengeluarkan pernyataan blunder terkait Zidane.

“Apakah Zidane mencoba menghubungi saya? Tentu saja tidak, saya bahkan ogah mengangkat telepon darinya,” kata Noel Le Graet kepada RMC Sport.

Komentar itu langsung disambut kecaman oleh sejumlah tokoh olahraga Prancis, sebut saja Kylian Mbappe, mantan kapten Hugo Lloris, juga Menteri Olahraga Amelie Oudea-Caster. Mantan klub Zidane, Real Madrid, juga melontarkan tanggapan berisi kekecewaan.

Kepala Komite Etik FFF Patrick Anton turut mengecam Le Graet.

“Le Graet sudah membuat komentar yang menunjukkan bahwa dia kehilangan sebagian dari kejernihan pikirannya. Dia seseorang yang sudah letih, yang perlu hengkang,” ujarnya kepada L’Equipe, seperti dikutip BBC.

Zidane saat ini masih menganggur usai meninggalkan jabatan pelatih Real Madrid pada 2021. Sebagai pelatih, ia memberikan total 11 trofi termasuk tiga kali juara Liga Champions beruntun.