Menteri Diminta Waspadai Kenaikan Harga Beras dan Minyak Goreng

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri untuk mewaspadai kenaikan harga barang yang bisa berimbas pada lonjakan inflasi. Terutama, kenaikan harga  beras dan minyak goreng.

Pasalnya, kata Jokowi, kedua komoditas tersebut adalah kebutuhan pokok yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari masyarakat dan sangat berperan menjadi penyebab kenaikan kemiskinan.

“Terkait dengan inflasi, kenaikan harga-harga barang dan jasa, saya lihat betul-betul harus diwaspadai. Pertama urusan beras, kedua berkaitan dengan minyak. Minyak goreng dilihat betul,” ujarnya dalam Rapat Terbatas terkait Peningkatan Aktivitas Perekonomian dan Pariwisata Pasca Pencabutan PPKM di Jakarta, Senin (30/1).

Selain itu, Jokowi memberikan arahan khusus kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan agar bisa menyusun kebijakan untuk menarik lebih banyak investasi di 2023.

“Untuk investasi saya minta menko marinves menyampaikan mengenai hal-hal yang perlu kita lakukan di 2023, terutama terobosan dalam meningkatkan investasi,” imbuhnya.

Sedangkan, kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Jokowi meminta agar diberikan laporan bagaimana kondisi investasi yang masuk setelah dicabutnya kebijakan PPKM di akhir tahun lalu.

“Saya minta laporkan menteri pariwisata mengenai investasi di bidang pariwisata utamanya Labuan Bajo, Mandalika, juga di Toba dan keempat di Kupang,” jelasnya.

Sebab, Jokowi melihat pada saat PPKM dicabut, aktivitas ekonomi makin berjalan pesat. Pariwisata di berbagai wilayah mulai ramai dan penerbangan juga padat.

“Di lapangan saya melihat kalau untuk wisatawan, melihat di Manado karena sudah mulai banyak wisatawan, di Bali mulai pesawat-pesawat datang bawa wisatawan, juga wisatawan lokal sangat terlihat sekali,” pungkasnya.