Kang Ecky; Empat Pilar Kebangsaan Membentuk Karakter Kader Nasionalis Religius.

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Anggota MPR RI, H. Ecky Awal Mucharam, mengatakan pihaknya akan terus berupaya menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kepada masyarakat khususnya daerah pemilihan Jawa Barat-III Kota Bogor & Kab. Cianjur.

Bertempat di Aula Utama Kantor DPD PKS Kota Bogor H. Ecky Awal Mucharam baru-baru ini memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kota Bogor dengan sasaran para anggota utama PKS Kota Bogor & Kabupaten Cianjur. Anggota dewan dari daerah pemilihan Kota Bogor & Kabupaten Cianjur ini mengatakan bahwa Empat Pilar Kebangsaan harus terus ditanam dan dipupuk dalam pribadi masyarakat Indonesia, apalagi para kader PKS.
“Titik berat untuk Empat Pilar Kebangsaan ini ada di pemahaman akan ketatanegaraan, pemahaman terkait falsafah negara ini, dan yang paling pentingnya adalah tentang karakter,” kata Ecky.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan bahwa sebagai kader partai diharapkan berbekal nilai-nilai yang ada di dalam Empat Pilar Kebangsaan, sehingga diharapkan dapat menjadi yang terdepan dalam perubahan bangsa ke arah yang lebih baik terutama menghadapi tahun politik yang sudah semakin dekat.

“Dengan dinamika politik yang ada saat ini, menuntut kita untuk mampu beradaptasi dengan cepat dalam persiapan menghadapi tahun politik 2023 nanti, karena kita tahu pemilu insyaAllah akan diselenggarakan pada bulan Februari tahun 2024. Di sisi lain, kita harus mampu juga melakukan penyesuaian di era digital ini,” katanya.

Dengan demikian, kata Ecky para kader diharapkan memiliki kesadaran pemahaman Empat Pilar Kebangsaan sebagai landasan pemikiran dan jati diri, baik di dunia politik maupun pada sendi kehidupan lainnya.

“Karakter yang ada di nilai-nilai Pancasila yang akan membingkai kita semua. Apalagi kalau kita padukan dengan nilai-nilai Islam sehingga karakter yang muncul memang karakter kader yang tangguh yang mampu menjadi garda terdepan bangsa ini yang menanamkan nilai-nilai kebaikan untuk mencapai tujuan NKRI,” tutup Ecky.